News

FGD SSH dan HSPK Kota Mojokerto

Sel, 20 Feb 2024
10:22 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Mojokerto-ITS. Senin 19 Februari 2024 Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Mojokerto melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Standar Satuan Harga (SSH) dan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Tahun 2025. Kegiatan FGD dilaksanakan di Kantor Kelurahan Jagalan Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto. FGD dihadiri oleh organisasi perangkat daerah (OPD), tim penyusun SSH dan HSPK dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Ketua Tim Penyusun SSH adalah Dr. Sutikno, M.Si. dari Departemen Statistika ITS. Ketua Penyusun HSPK adalah Cahyono Bintang Nurcahyo, ST., MT. dari Departemen Sipil ITS.

Kepala Bidang Aset BPKPD Kota Mojokerto  Arifaini Yahya menyampaikan FGD ini untuk menerima masukan dari semua OPD. Masukan ini sebagai perbaikan penyusunan SSH dan HSPK. SSH dan HSPK ini sebagai acuan dalam menyusun rencana kerja dan anggaran (RKA) semua OPD. Sehingga OPD harus mengetahui dan mengikuti SSH dan HSPK yang akan dijadikan Peraturan Walikota. Kalau sudah jadi Peraturan Walikota harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh seluruh OPD.

Dr. Sutikno menyampaikan tim penyusun akan menerima dan memperhatikan semua usulan dan masukan dari OPD. Produk SSH dan HSPK ini adalah produk dari kita semua. Karena SSH dan HSPK ini yang akan menggunakan adalah OPD. ITS akan memvalidasi semua komponen SSH dan HSPK. Tim ITS akan menyampaikan ke OPD sebelum SSH dan HSPK dijadikan Peraturan Walikota. Agar SSH dan HSPK ini diperiksa dan diteliti oleh OPD.

Beberapa masukan dari OPD adalah terkait honor tenaga harian lepas (THL). Honor THL  ada yang berbeda antar OPD. BPKPD menyampaikan honor THL harus menyesuaikan dengan peraturan menteri keuangan dan perwali. Selama ada dasar hukumnya, honor THL bisa ditetapkan dan tidak akan jadi masalah.

Kegiatan FGD Penyusunan SSH dan HSPK Kota Mojokerto selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintrah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.