News

Penyusunan RAT Penurunan Kemiskinan Kabupaten Tuban

Kam, 01 Feb 2024
9:18 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Surabaya-ITS. Rabu 31 Januari 2024 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tuban melaksanakan Kick Off  kegiatan penyusunan Dokumen Rencana Aksi Tahunan (RAT)  Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Daerah Kabupaten Tuban Tahun 2025. Kegiatan ini adalah kerja sama antara Bappeda Litbang Kabupaten Tuban dengan Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Kick off  penyusunan RAT dilaksanakan di kantor Pusat Kajian PDPM ITS Gedung Pusat Riset ITS lantai 7. Kick off  ini dihadiri oleh Devi Ayu Trisnawati, S.STP., M.Si., Charolina Gremita P, ST., Mohamad Fauji Hamidi, M.AP., Imam Syafií, ST., Aziz Kurniawan R, A.Md.M. dari Bappeda Litbang Kabupaten Tuban, Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si., Iis Dewi Ratih, M.Si., Zakiatul Wildani, M.Sc., dan Prianti Tuhu Setyo, S.Si.

Charolina Gremita menyampaikan tujuan penyusunan RAT ini adalah menyusun strategi atau program kegiatan yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja pemerintah dalam proses penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Tuban. Strategi dan program kegiatan ini dapat dilaksanakan oleh semua organisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga fokus dan tujuannya tercapai dan tidak tumpang tindih antar OPD.

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyambut baik rencana kerja sama ini. PDPM ITS akan mengajak tenaga ahli ITS yang berkompeten untuk menyusun RAT Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban. Diantaranya tenaga ahli dari Departemen Studi Pembangunan, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Departemen Statistik, Departemen Manajemen Bisnis dan Vokasi.

Kegiatan Kick Off  penyusunan Rencana Aksi Tahunan Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban Tahun 2025 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2)  menghapus kelaparan, nomer (12) konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.