News

Pelatihan Aplikasi Program RKBMD Kapuas

Kam, 28 Des 2023
11:16 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Kapuas– ITS. Kamis 28 Desember 2023, tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyampaikan hasil pembuatan aplikasi program persediaan pemerintah dan program Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) Kabupaten Kapuas. Ketua Tim penyusun Dr. Budi Setiyono dari Departemen Matematika ITS menyampaikan aplikasi ini kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kapuas.  Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor BPKAD Kabupaten Kapuas.

Aplikasi ini digunakan BPKAD Kapuas untuk memudahkan dalam melihat barang persediaan pemerintah pada tahun anggaran berjalan dan memudahkan dalam menyusun rencana kebutuhan barang. Sehingga perencanaan kebutuhan barang sistematis dan efisian. Setiap akhir bulan BPKAD Kapuas dapat melihat barang-barang apa saja yang habis atau sering digunakan. Sehingga pengadaan barang lebih terencana dan sistematis.

Ketua Tim Penyusun Dr. Budi Setiyono menyampaikan, aplikasi ini dibuat dengan antar muka (interface) yang mudah. Sehingga operator BPKAD dapat memahami dan menggunakan aplikasi ini. Tim ITS siap untuk mendampingi dalam proses pelatihan dan penggunaan aplikasi. Harapannya setelah pelatihan, operator dapat langsung mempelajari dan menggunakannya.

Kegiatan Penyusunan aplikasi program persediaan pemerintah dan program Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) Kabupaten Kapuas ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopmeber (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (4) pendidikan berkualitas, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.