News

Konsultasi Publik RPJPD Kabupaten Kapuas

Sel, 19 Des 2023
3:07 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Kapuas-ITS. Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas mengikuti konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten/Kota Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025-2045. Konsultasi publik ini dilaksanakan pada tanggal 18-20 Desember 2023 di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh Bappedalitbang kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Tengah, akademisi dan stakeholder terkait.

Konsultasi publik ini sebagai proses transparansi dan keterlibatan publik dalam perencanaan pembangunan yang ada di daerah. Penyusunan RPJP ini sesuai dengan amanah Undang Undang No. 25 Tahun 2004. Visi dan misi arah pembangunan daerah harus mengacu pada RPJP Nasional. Tim ITS yang berperan dalam penyusunan RPJP daerah adalah Dr. Sutikno, M.Si. dari Departemen Statistik, Yuni Setyaningsih, S.K.Pm., M.Sc. dari Departemen Studi Pembangunan dan Dr. Eko Budi Santoso dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK).

Ketua tim penyusun RPJPD Kabupaten Kapus Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan Visi RPJPD Kabupaten Kapuas adalah Kapuas Sejahtera 2045 Kapuas Menuju Kabupaten Sejahtera yang Maju, Unggul, Mandiri dan Berkelanjutan. Misi Kabupaten Kapuas adalah mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, bermartabat, berbudaya, dan religius. Mewujudkan ekonomi yang produktif, inovatif, berdaya saing dan berketahanan. Mewujudkan pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang terencana dan terintegrasi secara inovatif, amanah, dan konsisten.

Kegiatan Penyusunan Dokumen RPJPD Kabupaten Kapuas Tahun 2025-2045 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (2) tanpa kelaparan, tujuan (3) kehidupan sehat dan sejahtera,  tujuan nomer (4) Pendidikan berkualitas, tujuan nomer (5) kesetaraan gender), tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi layak, tujuan nomer (11) kota dan pemukiman berkelanjutan, tujuan nomer (15) ekosistem daratan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.