News

RPJPD Kabupaten Kapus Sejahtera

Sel, 05 Des 2023
1:07 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Surabaya – ITS. Kabupaten Kapuas Sejahtera 2045: Maju, Unggul, Mandiri dan Berkelanjutan. Itulah visi Pemerintah Kabupaten Kapuas yang termaktub dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kapuas Tahun 2025-2045. Misi Kabupaten Kapuas mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, bermartabat, berbudaya dan religius. Mewujudkan ekonomi yang produktif, inovatif, berdaya saing dan berketahanan. Mewujudkan pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang terencana dan terintegrasi secara inovatif, amanah dan konsisten. Visi Misi Pemerintah Kabupaten Kapuas 2025-2045 ini disusun bersama oleh Tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas.

Antonius Wahyu dari Bappeda Kapuas menyampaikan akan segera meminta waktu untuk konsultasi publik ke Provinsi Kalimantan Tengah. Konsultasi publik ini sebagai bagian dari proses penetapan RPJPD Kabupaten Kapuas di tingkat provinsi. Antonius Wahyu meminta dalam konsultasi publik nanti tim ITS bisa mendampingi Bappeda Kapuas. Jadwal konsultasi publik akan disampaikan secepatnya. Hal ini disampaikan Antonius Wahyu dalam diskusi dengan Tim ITS pada hari Sabtu 2 Desember 2023 di Kantor Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS Surabaya.

Ketua Tim Penyusun RPJPD dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS Ir. Eko Budi Santoso, M.Sc. menyampaikan bahwa penyusunan RPJPD Kabupaten Kapuas ini sudah berlangsung beberapa bulan. Proses penyusunan ini melibatkan masukan dari semua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Kapuas. Tim ITS siap untuk mendampingi Bappeda Kabupaten Kapuas dalam konsultasi publik di Provinsi Kalimantan Tengah. ITS berharap RPJPD Kabupaten Kapuas ini menjadi arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan. Sehingga visi Kabupaten Kapuas Sejahtera dapat terwujud.

Diskusi Tim ITS dengan Bappeda Kapuas

 

Kegiatan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kapuas ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopmeber (ITS) Surabaya yaitu pengentasan kemiskinan, pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (2) tanpa kelaparan, tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (4) pendidikan berkualitas, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.