News

Rencana Induk Kelitbangan Kabupaten Lembata

Kam, 30 Nov 2023
8:58 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Lewoleba-ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyampaikan laporan akhir kegiatan penyusunan Rencana Induk Kelitbangan (RIK) Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Tahun 2023-2027. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Pemerintah Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Diseminasi laporan penyusunan RIK Kabupaten Lembata dilaksanakan di Ballroom Hotel Olympic pada Rabu 29 November 2023.

Tim ITS yang hadir adalah Kepala Pusat Kajian PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si, Tenaga Ahli Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS  Dr. Eko Budi Santoso, Tenaga Ahli Departemen Studi Pembangunan ITS Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc. Diseminasi ini dihadiri oleh perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Lembata.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Lembata drh. Mathias AK. Beyeng menyampaikan kegiatan ini adalah hasil kerja sama Bappelitbangda Kabupaten Lembata dengan ITS Surabaya. Penyusunan RIK Ini sesuai dengan Permendagri, bahwa semua kajian dan penelitian dibawah koordinasi dan kewenangan Bappelitbangda. Arah kebijakan kelitbangan Kabupaten Lembata adalah meningkatkan efisiensi kinerja dan mengoptimalkan penerapan hasil-hasil penelitian. Meningkatkan koordinasi, kolaborasi, integrasi dan sinkronisasi untuk mencapai kerja sama yang efektif. Mengoptimalkan dampak/impak serta mengalokasikan kegiatan kelitbangan.

Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan isu prioritas utama kelitbangan Kabupaten Lembata ada tiga. Yaitu sosial ekonomi budaya; infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan; serta tata kelola pemerintah. Implementasi RIK ini membutuhkan kerja sama dan sinergitas semua pihak. Diantaranya Kementerian Dalam Negeri, Lembaga/Kementerian Pusat, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah daerah, lembaga penelitian nonpemerintah, perusahaan negara/daerah/swasta, UMKM dan perguruan tinggi.

Kegiatan Penyusunan Rencana Induk Kelitbangan (RIK) Kabupaten Lembata ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopmeber (ITS) Surabaya yaitu pengentasan kemiskinan, pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (2) tanpa kelaparan, tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (4) pendidikan berkualitas, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.