News

Kabupaten Kediri Mempersiapkan Pengelolaan Sampah melalui TPS3R

Sen, 16 Okt 2023
10:20 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Kediri-ITS. Pemerintah Kabupaten Kediri menyusun kajian teknis pengelolaan sampah melalui Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R). Pola pendekatan pengelolaan persampahan ini pada skala komunal atau kawasan dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Hal ini disampaikan Tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam laporan analisa Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan (PTPM) Kabupaten Kediri di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri pada hari Kamis 12 Oktober 2023.

Ketua Tim Kajian Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan secara kajian, TPS 3R bisa direaliasasikan. Pemerintah Kabupaten Kediri bisa memilih 1 desa/kelurahan dari 343 desa dan 1 kelurahan yang ada sebagai percontohan. Kalau bisa dilaksanakan, Kabupaten Kediri akan menjadi kabupaten yang bisa menjadi percontohan pengelolaan sampah dengan menggunakan dana desa dan pemberdayaan masyarakat untuk pengelolan TPS 3R. Adanya partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan TPS 3R dapat menjadi peluang ekonomi bagi warga. Anggota Tim Kajian Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic.Rer.Reg. menyampaikan lokasi desa TPS 3R bisa ditentukan dari desa yang mempunyai pasar atau dekat dengan kawasan wisata. Kawasan inilah yang biasanya menghasilkan banyak timbulan sampah yang bisa dikelola di TPS 3R.

Kegiatan Penyusunan Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan (PTPM) Kabupaten Kediri ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera,  tujuan nomer (11) kota dan pemikiman berkelanjutan, tujuan nomer (13) penanganan perubahan iklim, tujuan nomer (15) ekosistem daratan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.