News

ITS dan Bappedalitbangda Tuban Menyusun NTP

Jum, 13 Okt 2023
8:57 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tuban-ITS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbangda) Kabupaten Tuban akan melaksanakan kegiatan penyusunan Nilai Tukar Petani (NTP) Kabupaten Tuban Tahun 2023. NTP adalah perbandingan indeks harga yang diterima petani terhadap indeks harga yang dibayar petani. NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan/daya beli petani di perdesaan. NTP juga digunakan sebagai indikator untuk mengukur hasil pembangunan sektor pertanian.

Sektor pertanian Kabupaten Tuban menyumbang sebesar 18,97% perekonomian Kabupaten Tuban pada tahun 2022. Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tuban sebesar 1,89%. Penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian Kabupaten Tuban pada tahun 2022 sebesar 39,77%. Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Tuban untuk meningkatkan kesejahteraan petani, diantaranya pemerintah berupaya meningkatkan hasil produksi pertanian, menjaga stabilitas pasokan bahan pangan, serta meningkatkan pendapatan petani.

Ketua Tim penyusunan NTP Kabupaten Tuban Tahun 2023, Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan kegiatan penyusun NTP dilaksanakan sejak September sampai November 2023. Tim Penyusun terdiri dari tenaga ahli Ekonomi Pembangunan Dr. Setiawan, MS. tenaga ahli bidang pertanian/tanaman pangan Dr. Ir. Herry Nirwanto, asisten tenaga ahli dan surveyor.

Kegiatan Penyusunan Dokumen Nilai Tukar Petani Kabupaten Tuban Tahun 2023 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (2) tanpa kelaparan, tujuan (3) kehidupan sehat dan sejahtera,  tujuan nomer (4) Pendidikan berkualitas, tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi layak, tujuan nomer (11) kota dan pemukiman berkelanjutan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.