News

Industri Pengolahan Berkontribusi Besar terhadap PDRB Tuban

Kam, 21 Sep 2023
10:06 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tuban-ITS. Industri pengolahan berkontribusi besar terhadap produk domestik regional (PDRB) Kabupaten Tuban. Nilai pertumbuhan ekonomi tertinggi di Kabupaten Tuban terdapat di Kecamatan Kerek sebesar 16,04%. Sedangkan nilai pertumbuhan ekonomi terendah terdapat di Kecamatan Kenduruan sebesar 4,68%. Hal ini disampaikan oleh Tim ITS dalam laporan akhir Penyusunan Indeks Williamson Kabupaten Tuban Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu 20 September 2023 di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tuban.

Indeks Williamson (IW) adalah salah satu ukuran ketimpangan antar wilayah (region). Ketimpangan wilayah adalah ukuran ketidakmerataan pembangunan yang terjadi dalam sebuah wilayah. Semakin kecil angka IW yang dihasilkan menunjukkan ketimpangan yang semakin kecil atau dapat dikatakan pembangunan merata. Jika angka IW yang didapat mendekati satu, maka ketimpangan semakin lebar. IW menggunakan indikator PDRB dan jumlah penduduk pada suatu wilayah sebagai data dasar dalam perhitungannya.

Setiap kecamatan di Kabupaten Tuban harapannya ada tema tertentu untuk pembangunan. Contoh Kecamatan Widang ada agropolitan, Kecamatan Jatirogo ada jasa (penyangga wilayah batasan). Harapannya dapat meningkatkan sektor tertentu di setiap kecamatan. Sehingga ketimpangan antar kecamatan bisa diturunkan.

Kegiatan Penyusunan Dokumen Indeks Williamson Kabupaten Tuban Tahun 2022 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (2) tanpa kelaparan, tujuan (3) kehidupan sehat dan sejahtera,  tujuan nomer (4) Pendidikan berkualitas, tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi layak, tujuan nomer (11) kota dan pemukiman berkelanjutan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.