News

Indeks Kesalehan Sosial Kota Mojokerto Sangat Baik

Sel, 19 Sep 2023
1:08 pm
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Mojokerto-ITS. Indeks Kesalehan Sosial (IKS) Kota Mojokerto Tahun 2023 adalah 95,08. Hal ini disampaikan oleh Tim ITS dalam Laporan Penyusunan IKS Kota Mojokerto Tahun 2023 pada hari Selasa 19 September 2023 di Kantor Diskominfo Kota Mojokerto. Angka IKS ini lebih tinggi dari capaian tahun 2022. IKS merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Walikota sebagai ukuran keberhasilan pembangunan bidang sosial. Pemerintah Kota Mojokerto berharap  masyarakat bersama pemerintah bersama-sama menjaga kemajemukan sosial, budaya dan agama untuk mewujudkan Kota Mojokerto yang berakhlak mulia. Tingginya IKS Kota Mojokerto ditunjang oleh program dan kegiatan Pemerintah Kota Mojokerto. Diantaranya program Ning Ita di sekolah, program jumat berkah, program kampung kerukunan, dan forum kerukunan umat beragama.

Dimensi yang diukur dalam penilaian IKS adalah soliditas sosial, toleransi dan ketertiban umum/stabilitas. Sedangkan indikator yang diukur adalah gotong royong/kerja sama, menghargai perbedaan, tidak memaksakan nilai, tidak menghina nilai yang berbeda, keterlibatan demokrasi dan pemerintahan yang baik, pencegahan konflik dan Kekerasan sosial, pemeliharaan dan perbaikan lingkungan hidup. Setiap indikator dan dimensi diukur melalui survei dan wawancara mendalam. Survei dilaksanakan kepada 307 responden yang tersebar di 3 kecamatan. Tim ITS melaksanakan penghitungan dan analisa hasil survei.

Kegiatan Penyusunan Indeks Kesalehan Kota Mojokerto ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS  yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah dan pengembangan wilayah berkelanjutan. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.