News

Abmas ITS membantu Peningkatan Ekonomi Waga Kampung Nelayan Nambangan

Sel, 19 Sep 2023
11:13 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Observasi dan survei ke warga

 

Wilayah Surabaya terdapat masyarakat pesisir di ujung timur laut Surabaya yaitu Kampung Nambangan Perak Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Kampung ini terdiri dari 408 KK dan 700 jiwa penduduk. Mayoritas mata pencahariannya adalah nelayan tradisional. Kelompok nelayan tersebar di masing-masing wilayah RT. Profesi nelayan dilakukan oleh kepala keluarga dan sebagian besar para wanitanya merupakan buruh jasa melepaskan ikan dari jaring dan menyayati ikan sebelum dijemur.  Kemampuan atau ketrampilan mencari nafkah di luar menangkap ikan tidak dimiliki oleh sebagian besar warga Nambangan. Sehingga saat kondisi tidak memungkinkan melaut atau tidak musim ikan, maka warga banyak menghabiskan waktu hanya di rumah. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga hanya mengandalkan simpanan hasil tangkapan sebelumnya atau mencari hutang ke sanak saudara.

Berdasarkan hal tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berencana melaksanakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat Nambangan Perak. Tim Abmas ITS melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui Penguatan Kapasitas Kelembagaan dan Peningkatan Kemampuan Menuju UMKM Mandiri. Kegiatan tersebut sesuai dengan peta jalan Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS nomor (1) Pengentasan Kemiskinan dan nomor (3) Pengembangan UMKM. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDG’s) tujuan nomer (1) Tanpa Kemiskinan, tujuan nomer (2) Tanpa Kelaparan, tujuan nomer (5) Kesetaraan Gender, tujuan nomer (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan, (17) kemitraan untuk mencapai tujuan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai Bulan Juni 2023 sampai November 2023.

Diskusi penentuan intervensi program dan alat untuk Kampung Nelayan Nambangan

 

Tim Abmas ini terdiri dari Ketua Tim Dr. Soedarso, M.Hum dari Departemen Studi Pembangunan, anggota Dr. Ir. Bambang Sampurno, M.T., Mashuri, S.Si., M.T., Hendro Nurhadi, Dipl.-Ing., Ph.D. dari Departemen Teknik Mesin Industri, Dr. Sutikno, M.Si. dari Departemen Statistik, Deti Rahmawati S.IP.,MT. dari Departemen Studi Pembangunan, dan 11 orang mahasiswa KKN dari Departemen Studi Pembangunan ITS.

Tim Abmas dan mahasiswa KKN ITS melaksanakan observasi, survei dan wawancara mendalam ke masyarakat Kampung Nambangan. Hasil survei ini digunakan sebagai analisa untuk menentukan program dan intervensi bantuan yang sesuai dengan kebutuhan warga. Hasil diskusi Tim Abmas, mahasiswa KKN dan tokoh masyarakat Kampung Nambangan disepakati bantuan alat pengulen adonan kerupuk mekar. Bantuan alat pengulen ini untuk meningkatkan nilai tambah ikan hasil tangkapan warga. Ikan hasil tangkapan nelayan dapat dijual langsung dan sebagian dibuat untuk kerupuk ikan. Usaha kerupuk ikan ini akan memberikan nilai tambah dan peningkatan ekonomi warga ketika nelayan tidak melaut akibat cuaca buruk atau tidak musim ikan. Sehingga warga mendapatkan penghasilan meskipun sedang tidak melaut.

Diskusi hasil observasi dan survei

Tim Abmas dan mahasiswa KKN ITS juga membuat kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kelembagaan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Mekar. Anggota Kuber Mekar adalah istri nelayan. Kube Mekar dilatih untuk membuat produk kerupuk ikan yang higienis. Membuat kemasan yang baik dan menarik. Kube Mekar juga dilatih untuk promosi penjualan memanfaatkan media sosial. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan produk kerupuk ikan Kube Mekar.

Tim Abmas dan mahasiswa KKN ITS juga mendampingi Kube Mekar untuk mendapatkan legalitas usaha dan legalitas produk. Legalitas usaha melalui pengurusan nomor induk berusaha (NIB). Legalitas produk melalui pengurusan PIRT dan sertifikasi Halal ITS. Sehingga produk kerupuk ikan Kube Mekar bisa berkelanjuan dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Sgh.

Ikan hasil tangkapan nelayan.

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.