News

Puldatan Berperan Penting dalam Pelaksanaan PTSL PM

Sen, 28 Agu 2023
8:53 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Malang-ITS. Pengumpul data pertanahan (Puldatan) berperan penting dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap pemberdayaan masyarakat (PTSL PM). Hal ini disampaikan Tim Penyusun Kajian Kerentanan Sosial (KKS) Program Percepatan Reformasi Agraria (PPRA) dalam kegiatan focus group discussion (FGD) pembahasan KKS Kabupaten Malang. Kegiatan FGD Pembahasan KKS ini dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kabupaten Malang pada hari Jumat 25 Agustus 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh oleh Tim KKS PPRA Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, perwakilan Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Project Manajemen Unit PPRA, perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Malang, Kepala Desa dan Puldatan Desa Sukopuro serta Kepala Desa dan Puldatan Desa Ngadirejo.

Ketua Tim KKS Jawa Timur Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan Puldatan adalah kelompok masyarakat yang diberi pembekalan dan ditugaskan untuk menjadi fasilitator, pelaksana proses pengumpulan data fisik, dan pengumpulan data yuridis. Puldatan dipilih melalui mekanisme musyawarah desa. Anggota Puldatan dapat terdiri dari tokoh masyarakat, kepala dusun, karang taruna, PKK atau petugas yang ditunjuk oleh Kepala Desa. Hasil pengumpulan data yuridis yang dilakukan oleh Puldatan, diverifikasi dan divalidasi oleh Satgas Yuridis dari Kantor Pertanahan Kabupaten. PTSL PM yang menjadi garda terdepan adalah Puldatan. Puldatan membantu ketika pengukuran tapak batas tanah, menyelesaikan sengkata batas tanah warga, mengumpulkan berkas-berkas yuridis pendaftar PTSL dan menyerahkan berkas yuridis ke Kantor Pertanahan Kabupaten. Semua kegiatan ini membutuhkan sinergi yang baik dengan semua stakeholder.

Koordinator Safeguard PMU Puspa Kartika menyampaikan perlu ditampilkan praktek baik PTSL PM yang ada di masyarakat. Seperti bagaimana peran Puldatan dalam advokasi dan afirmasi kepada masyarakat rentan. Seperti memberikan akses dan prioritas kepada warga disabilitas, kepala keluarga perempuan dan keluarga kurang mampu. Sehingga keluarga rentan bisa mendapatkan manfaat dari program PTSL PM ini.

Bambang Wicaksono dari PMU menyampaikan apresiasi kepada Tim ITS yang telah melaksanakan KKS ini. Banyak sekali data dan informasi yang disampaikan dalam materi presentasi. Bambang Wicaksono menyampaikan saran agar ada story board yang perlu ditampilkan mengenai bagaimana Puldatan menyelesaikan sengketa yang ada. Bagaimana Puldatan, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat menyelesaikan sengketa batas, bagaimana ketika ada permasalahan berkas yang tidak sesuai dan bagaimana Puldatan memberikan akses yang sama kepada keluarga rentan. Hal ini sebagai pembelajaran yang bisa dijadikan acuan bagi Puldatan di seleuruh Indonesia.

Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial Program Percepatan Reforma Agraria Jawa Timur Tahun 2023 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS yaitu pengentasan kemiskinan, pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.