News

PDPM ITS Siap Melaksanakan Survei Pengeluaran Rumah Tangga Petani

Jum, 11 Agu 2023
11:12 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Pasuruan-ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Msyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyampaikan presentasi survei pengeluaran rumah tangga petani binaan PT. Sadhana Arifnusa. Survei ini bertujuan untuk mengukur berapa nilai tambah yang didapatkan petani dari hasil pertanian untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Presentasi ini dilaksanakan di Kantor PT. Sadhana Arifnusa pada Rabu 2 Agustus 2023.

Ketua Tim Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan bahwa responden adalah keluarga inti petani. Survei akan mendetailkan pengeluaran non makanan rumah tangga, terutama untuk pendidikan dan kesehatan. Survei akan dilaksanakan di Kabupaten Rembang dan Wonogiri Provinsi Jawa Tengah. Survei ini akan disesuaikan dengan komponen hidup layak dan survei ekonomi nasional Badan Pusat Statistik (BPS).

Kegiatan kajian pengeluaran rumah tangga petani ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS yaitu pengentasan kemiskinan dan pengembangan wilayah berkelanjutan. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.