News

Angka Kemiskinan Tuban Mengalami Trend Menurun

Jum, 11 Agu 2023
4:38 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tuban-ITS. Angka kemiskinan Kabupaten Tuban mengalami trend penurunan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir sejak 2019. Hal ini disampaikan dalam Laporan Penyusunan Rencana Aksi Tahunan (RAT) Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban Tahun 2024. Angka kemiskinan Kabupaten Tuban masih berada di atas angka kemiskinan Provinsi Jawa Timur dan masuk di 5 besar angka kemiskinan Provinsi Jawa Timur. Tapi secara trend mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Laporan ini disampaikan oleh Tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tuban pada hari Jumat 4 Agustus 2023.

Ketua Tim Penyusun Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc. dari Departemen Studi Pembangunan ITS menyampaikan bahwa untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan dapat dilaksanakan dengan program inovasi yang dapat meningkatkan daya ungkit ekonomi. Juga menambah produktivitas buruh tani melalui kampung agrowisata berbasis masyarakat yang berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan misi Pemerintah Kabupaten Tuban yaitu peningkatan nilai tambah sektor pertanian dan pariwisata.

Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Msyarakat (PDPM) ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan meskipun masih dalam urutan 5 besar kemiskinan Provinsi Jawa Timur, perubahan penurunan angka kemiskinan Kabupaten Tuban lebih tinggi dari kabupaten sekitar, yaitu Kabupaten Lamongan, Bojonegoro dan Gresik. Hal ini harus diapresiasi.

Kegiatan Penyusunan Rencana Aksi Tahunan (RAT) Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS yaitu pengentasan kemiskinan, manajemen tata kelola pemerintah daerah dan pengembangan wilayah berkelanjutan. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (2) tanpa kelaparan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.