News

Ketimpangan Pendapatan Kabupaten Tuban di Tahun 2022 dalam Kategori Sedang

Sel, 08 Agu 2023
4:25 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tuban – Bappedalitbangda. Senin 7 Agustus 2023 tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memaparkan hasil akhir Penyusunan Dokumen Evaluasi Gini Ratio Kabupaten Tuban Tahun 2022. Presentasi laporan akhir dihadiri oleh Bappeda Tuban diwakili oleh Yuliani, ST, Suatmomo dari BPS Kabupaten Tuban, dan perwakilan OPD dan Kecamatan Kab. Tuban. Tim ITS diwakili oleh Dr Sutikno, menyatakan kinerja Tuban dalam mempertahankan ketimpangan di Kabupaten Tuban perlu diapresiasi. Nilai Gini Ratio Kabupaten Tuban berada di kategori sedang, namun lebih rendah dibandingkan Gini Ratio Jawa Timur dan Nasional. Trend Gini Ratio Kabupaten Tuban dalam satu dekade cenderung meningkat dibandingkan dengan nilai Gini Ratio pada Jawa Timur dan Nasional yang jauh lebih konstan. Gini Ratio Kab. Tuban berada di urutan 15 jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Timur.

Paparan Akhir oleh Dr. Sutikno

Suzatmo, perwakilan dari BPS Tuban menyampaikan angka Gini Ratio sudah dipublikasi oleh BPS Tuban di awal tahun, namun masih belum mengetahui alasan mengapa kategori gini ratio tersebut berada di kategori sedang dan faktor apa yang menyebabkan hal tersebut. Sehingga kajian evaluasi Gini Ratio masih perlu dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang menyebabkan meningkat atau menurun. Nilai Gini Ratio dievaluasi berdasarkan jenis kelamin, kelompok pengeluaran, tingkat pendidikan, lapangan usaha, dan status pekerjaan utama.

Diharapkan berdasarkan hasil evaluasi kajian Gini Ratio, Pemerintah Kab. Tuban bisa mengambil strategi dan kebijakan yang tepat untuk ke depan. Arah kebijakan, strategi, dan program Kabupaten Tuban yang tertuang dalam RPJMD sudah tepat dan sesuai dengan Rekomendasi dari Tim ITS. Sehingga perlu dipertahankan yang sudah baik, dan ditingkatkan kefektifan langkah/ program kebijakan yang kurang sesuai. Kabupaten Tuban juga mengukur ketimpangan pendapatan wilayah dengan Indeks Williamson (IW).  Pengukuran IW menggunakan indikator Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sedang dilakukan di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban.

Kegiatan penyusunan dokumen evaluasi Gini Ratio dan Indeks Williamson Kabupaten Tuban Tahun 2022 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS yaitu pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Nvi).

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.