News

FGD Kajian Kerentanan Sosial PPRA Trenggalek

Kam, 20 Jul 2023
10:36 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Trenggalek-ITS. Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion  (FGD) Kajian Kerentanan Sosial (KKS) Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA) Kabupaten Trenggalek. FGD KKS dilaksanakan pada hari Senin 17 Juli 2023 di Satker Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Trenggalek. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kantah Kabupaten Trenggalek, Tim Project Manajemen Unit (PMU) Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA) Triatmoko SP, Tim Kajian Kerentanan Sosial ITS Jawa Timur, Perhutani KPH Trenggalek, Kepala Desa Petung Kecamatan Dongko, Kepala Desa Ngrandu Kecamatan Suruh, pihak pengukur PTSL PM PT Geomosaik Indonesia, puldatan dan asisten tim KKS Jawa Timur.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek Drs. Joseph Wibisono, MM. membuka dan menyampaikan sambutan kegiatan FGD KKS Kantah Trenggalek. Joseph Wibisono mengatakan, Tahun 2023 target pengukuran peta bidang tanah (PBT) pada program PTSL PM di Kabupaten Trenggalek mencapai 53.250 bidang tanah. Target sertifikat hak atas tanah (Sehat) mencapai 41.917 bidang tanah. Dalam PTSL PM ini melibatkan pemberdayaan masyarakat desa, melalui Puldatan. Puldatan dibentuk oleh warga melalui musyawarah desa dan diberikan SK oleh kepala desa dan Kepala Kantah Kabupaten Trenggalek.

PMU PPRA Triatmoko SP menyampaikan bahwa kegitan KKS Jawa Timur dilaksanakan di  Malang, Lumajang, Bondowoso, Nganjuk, Magetan, Pacitan dan Trenggalek. Pelaksanaan KKS Jawa Timur dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Pertanahan BPN Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Tim ITS. Program PTSL PM merupakan dana pinjaman dan/atau hibah luar negeri (PHLN) Bank Dunia. Dalam PTSL PM harus ada kajian kerentanan sosial sebagai bagian pelaksanaan KKS.

Tim Kajian Kerentanan Sosial ITS yang juga Wakil Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) DRPM ITS Dr. Soedarso, S.Hum. menyampaikan bahwa tim KKS ITS terdiri dari beberapa departemen keilmuan. Ada dari Statistik, Geomatika, Studi Pembangunan dan Sistem Informasi. FGD ini untuk menggali informasi pelaksanaan PTSL PM yang ada di Trenggalek. Tantangan dan kendala PTSL, potensi dan mitigasi konflik pertanahan, kondisi masyarakat rentan terhadapat PTSL PM dan bagaimana mitigasinya. Tim ITS akan melaksanakan observasi, FGD dan survei di dua desa lokasi studi. Tim ITS membuat analisa, kemudian akan melaksanakan FGD lagi di tingkat kabupaten dan provinsi. Tim ITS berharap bantuan dan dukungan dari Kantah Kabupaten Trenggalek untuk mensukseskan KKS ini. Kegiatan KKS ini adalah bagian dari tugas negara yang diamanahkan kepada ITS. Sesuai amanat Presiden Republik Indonesia, PPRA adalah program strategis nasional. KKS ini adalah bagian dari mendukung dan mensukseskan PPRA.

Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial Program Percepatan Reforma Agraria Jawa Timur Tahun 2023 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS yaitu pengentasan kemiskinan, pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.