News

FGD Kajian Kerentanan Sosial PPRA Pacitan

Kam, 20 Jul 2023
9:35 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Pacitan-ITS. Selasa 11 Juli 2023, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion  (FGD) Kajian Kerentanan Sosial (KKS) Kabupaten Pacitan. FGD KKS dilaksanakan di Kipokopi, depan Museum SBY ANI Kabupaten Pacitan. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kantor Pertananan (Kantah) Kabupaten Pacitan, Tim Project Manajemen Unit (PMU) Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA) Triatmoko SP, Ketua Tim Kajian Kerentanan Sosial Jawa Timur Dr. Sutikno, M.Si., Tenaga Ahli Geomatika Khomsin, ST., MT., perwakilan Camat Kebonagung, perwakilan Camat Arjosari, Kepala Desa Karanggede, Kepala Desa Worawari, Kantor Perhutani KPH Pacitan, pihak pengukur PTSL, puldatan dan asisten tim KKS Jawa Timur.

Kabag TU Kantah Kabupaten Pacitan Wakhid Kurniawan, S.ST. membuka kegiatan FGD KKS Kantah Pacitan. Wakhid Kurniawan menyampaikan program pendaftaran tanah sistematis lengkap pemberdayaan masyarakat (PTSL PM) tahun 2023 di Kabupaten Pacitan dilaksanakan di 15 desa. Adanya kegiatan KKS ini semoga bisa menambah partisipasi masyarakat dalam mensukseskan PTSL PM. PMU PPRA Triatmoko SP menyampaikan bahwa kegitan KKS Jawa Timur dilaksanakan di Malang, Lumajang, Bondowoso, Nganjuk, Pacitan, Magetan dan Trenggalek. Tiap kabupaten diambil sampel 2 desa. Kriteria pemilihan desa harus memenuhi minimal 4 kriteria dari 7 kriteria yang ditetapkan. Pelaksanaan KKS Jawa Timur yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Pertanahan BPN Jawa Timur bekerja sama dengan Tim ITS. Program PTSL PM merupakan dana pinjaman dan/atau hibah luar negeri (PHLN) Bank Dunia. Dalam PTSL PM harus ada kajian kerentanan sosial sebagai bagian pelaksanaan KKS. FGD ini adalah awalan dari rangkaian kegiatan KKS. PMU dan Kanwil BPN Jawa Timur berharap Kantah Kabupaten Pacitan mendukung Tim ITS dalam melaksanakan KKS ini.

Ketua Tim Kajian Kerentanan Sosial Jawa Timur yang juga Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan tim KKS ITS terdiri dari beberapa departemen keilmuan. Ada dari Statistik, Geomatika, Studi Pembangunan dan Sistem Informasi. FGD ini untuk menggali informasi pelaksanaan PTSL PM yang ada di Pacitan. Tantangan dan kendala PTSL PM, potensi dan mitigasi konflik pertanahan, kondisi masyarakat rentan terhadapat PTSL PM dan bagaimana mitigasinya. Tim ITS akan melaksanakan observasi, FGD dan survei di Desa Karanggede Kecamatan Arjosati dan Desa Worawari Kecamatan Kebonagung. Tim ITS akan survei ke rumah tangga sesuai distribusi responden yang telah ditentukan. Tim ITS membuat analisa, kemudian akan melaksanakan FGD lagi di tingkat kabupaten dan provinsi. Tim ITS berharap bantuan dan dukungan dari Kantah Pacitan untuk mensukseskan KKS ini. Kegiatan KKS ini adalah bagian dari tugas negara yang diamanahkan kepada ITS. Sesuai amanat Presiden Republik Indonesia, PPRA adalah program strategis nasional. KKS ini adalah bagian dari mendukung dan mensukseskan PPRA.

Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial Program Percepatan Reforma Agraria Jawa Timur Tahun 2023 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS yaitu pengentasan kemiskinan, pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.