News

FGD KKS Kabupaten Lumajang

Jum, 07 Jul 2023
9:50 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Lumajang-ITS. Selasa 4 Juli 2023, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion  (FGD) Kajian Kerentanan Sosial (KKS) di Kabupaten Lumajang. Dimana kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kajian Kerentanan Sosial (KKS) dilakukan di Satker Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Lumajang. Dalam FGD ini, baik satuan petugas PTSL Kantah Kabupaten Lumajang hingga pihak pengukur PTSL PT. Biasa Reka. Adapun untuk keseluruhan peserta yang menghadiri kegiatan FGD diantaranya adalah Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lumajang H.M. Rocky Soenoko, SH., M.Si. beserta jajarannya, Tim Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Jawa Timur, Koordinator Lapangan tim KKS Jawa Timur Dr. Soedarso, M.Hum., yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan  Masyarakat (PDPM) DRPM ITS, Tenaga Ahli Studi Pembangunan Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc., Asisten Tenaga Ahli Geomatika Burhanuddin Nur, ST., Camat Senduro Abd. Nafidh Fuad, Camat Pasrujambe M. Saiful, Pihak Perhutani Gatot, Pihak Pengukur  PT. Bias Reka Rohman S, surveyor dan asisten tim KKS Jawa Timur.

Kepala Kantah Kab.Lumajang H.M. Rocky Soenoko, SH., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan merasa terhormat dan senang karena menjadi salah satu kabupaten yang dipilih untuk turut serta dalam KKS Jawa Timur. Beliau juga menyampaikan bahwasannya Kantah Kabupaten Lumajang akan mendukung penuh kegiatan KKS sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam kegiatan PTSL ini. Dalam hal ini, semua pihak yang bersangkutan dalam kegiatan PTSL akan turut membantu dalam pelaksanaan KKS di Kabupaten Lumajang.

Koordinator Lapangan Tim KKS Jawa Timur  Dr. Soedarso, M.Hum. membuka kegiatan FGD dengan memperkenalkan tim KKS yang terdiri dari beberapa departemen keilmuan yang akan bersinergi dalam kegiatan KKS. Dilanjutkan dengan menyampaikan latar belakang dan tujuan dari kegiatan KKS yang sedang dilaksanakan. Selain itu, disampaikan juga bahwasannya kegiatan KKS Jawa Timur ini dilaksanakan di 7 Kabupaten yang menjadi sampling, salah satu diantaranya yakni Kabupaten Lumajang. Kegiatan KKS dilakukan dalam beberapa tahapan, mulai dari FGD ke Kantah dan dilanjutkan observasi di Desa Argosari Kecamatan Senduro dan Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe. Hal ini dilakukan untuk menggali informasi terkait pelaksanaan PTSL. Baik itu, tantangan dan kendala yang terdapat di lapangan seperti halnya terdapat konflik sengketa waris maupun batas serta kondisi kerentanan yang dihadapi masyarakat dalam kegiatan PTSL. Dalam hal ini, Tim KKS ITS berharap Kantah Kabupaten Lumajang membantu dan mendukung untuk ikut serta mensukseskan KKS ini.

Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial Program Percepatan Reforma Agraria Jawa Timur Tahun 2023 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS yaitu pengentasan kemiskinan, pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Can/Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.