News

FGD Kajian Kerentanan Sosial PPRA Bondowoso

Jum, 07 Jul 2023
5:45 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Bondowoso-ITS. Kamis 6 Juli 2023, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion Β (FGD) Kajian Kerentanan Sosial (KKS) Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA) di Kabupaten Bondowoso yang berlokasi di Private Room Baratha Hotel & Resto Bondowoso. FGD ini dihadiri oleh Tim KKS PPRA ITS Surabaya, satuan petugas Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Bondowoso, Perwakilan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur, Perwakilan Camat Tlogosari dan Camat Maesan, Perwakilan Perhutani Bondowoso, pihak pengukur PTSL PT. Aerovisi Utama dan PT Dunia Maya Comunica. Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Bondowoso adalah Rahady K beserta jajarannya, perwakilan Kanwil BPN Jawa Timur Bapak Risky beserta tim, Koordinator Lapangan tim KKS Jawa Timur Dr. Soedarso, M.Hum. yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM), Tenaga Ahli Studi Pembangunan Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc., Asisten Tenaga Ahli Geomatika Burhanuddin Nur, ST., perwakilan Camat Tlogosari Bapak Mahfut E, perwakilan Camat Maesan Bapak Dedi Mustafa, Pihak Perhutani Bapak Yulianto dan tim, pihak pengukur Ngadiyo Winoto dari PT. Aerovisi Utama dan Bapak Dading H dari PT Dunia Maya Comunica, perwakilan surveyor, dan asisten tim KKS Jawa Timur.

Perwakilan Kantah Kabupaten Bondowoso Rahadi K selaku Kepala Sie Survey dan Pemetaan dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan perasaan terhormat dan bahagia Β karena menjadi salah satu kabupaten yang dipilih untuk turut serta dalam KKS Jawa Timur. Beliau juga menyampaikan bahwasannya Kantor Pertanahan Bondowoso akan mendukung kegiatan KKS ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing- masing dalam kegiatan PTSL. Semua pihak terkait dalam kegiatan PTSL akan membantu dalam pelaksanaan KKS di Kabupaten Bondowoso agar berjalan optimal.

Koordinator Lapangan Tim KKS Jawa Timur Dr. Soedarso, M.Hum. memperkenalkan tim KKS ITS yang terdiri dari beberapa departemen keilmuan yang akan bersinergi dalam kegiatan KKS. Dilanjutkan dengan menyampaikan latar belakang dan tujuan dari kegiatan KKS yang sedang dilaksanakan. Selain itu, disampaikan juga bahwasannya kegiatan KKS Jawa Timur ini dilaksanakan di 7 Kabupaten yang menjadi sampling, salah satu diantaranya yakni Kabupaten Bondowoso. Perwakilan Kanwil Jawa Timur Bapak Rizal menyampaikan tambahan informasi terkait kegiatan PTSL di lingkup Provinsi Jawa Timur baik dari segi regulasi, kebijakan, dan lain sebagainya. Semua pihak terlibat aktif dan memberikan respon positif saat kegiatan FGD berlangsung khususnya dari pihak ITS, Perwakilan Kanwil Jawa Timur, Kantah Kabupaten Pacitan, pihak pengukur, perwakilan kecamatan, perwakilan Perhutani, dan lain sebagainya.

Kegiatan KKS dilakukan dalam beberapa tahapan, mulai dari FGD ke Kantah dan dilanjutkan observasi di Desa Gunosari Kecamatan Tlogosari dan Desa Gunungsari Kecamatan Maesan. Hal ini dilakukan untuk menggali informasi terkait pelaksanaan PTSL baik itu tantangan dan kendala yang terdapat di lapangan seperti halnya terdapat konflik sengketa waris, batas tanah, kesetaraan gender, serta kondisi kerentanan sosial ekonomi budaya yang dihadapi masyarakat dalam kegiatan PTSL. Tim KKS ITS berharap Kantah Kabupaten Bondowoso serta pihak-pihak terkait lainnya dapat membantu dan mendukung untuk ikut serta dalam mensukseskan KKS PPRA PTSL tahun 2023 ini.

Kegiatan Kajian Kerentanan Sosial Program Percepatan Reforma Agraria Jawa Timur Tahun 2023 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS yaitu pengentasan kemiskinan, pengembangan wilayah berkelanjutan dan manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Lin/Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.