News

Penyusunan Dokumen Rencana Aksi Tahunan (RAT) Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban Tahun 2024

Jum, 09 Jun 2023
8:29 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tuban-ITS, Bappedalitbang Tuban mengundang PDPM ITS dalam rangka FGD Laporan Pendahuluan Penyusunan Dokumen Rencana Aksi Tahunan (RAT) Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban. Acara dilaksanakan di ruang rapat P.Anom Lt. II Bappeda Litbang Kabupaten Tuban. Perwakilan PDPM ITS adalah Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS, Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc sebagai ketua tim penyusun dan Dr. Ir. Hery Nirwanto, MP. selaku tenaga ahli sosial ekonomi pertanian.

Maksud dari kegiatan ini adalah menyusun strategi atau kegiatan yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja pemerintah dalam proses penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Tuban tahun 2024. Penyusunan RAT 2024 harapannya bisa dilakukan maksimal sebagai Raport akhir Bupati Tuban 2024.

Tahapan pelaksanaan pekerjaan dari kegiatan ini adalah melakukan identifikasi terhadap capaian target penanggulangan kemiskinan, melakukan pengumpulan data terkait hasil evaluasi kinerja penurunan angka kemiskinan Kabupaten Tuban Tahun 2022, melakukan diskusi terarah (Focus Group Discussion) terkait Penyusunan Dokumen Rencana Aksi Tahunan Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan, merumuskan kebijakan dan strategi aplikatif penurunan angka kemiskinan, menyusun Matriks target keberhasilan dan lokasi prioritas kebijakan penurunan angka kemiskinan, melakukan finalisasi dokumen Rencana Aksi Tahunan Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban Tahun 2024.

Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc menyampaikan RAT harapannya juga mengikuti target pemerintah pusat untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024 sesuai Inpres 4 tahun 2022 dan di Tuban target 2024 mencapai 14%. Penyusunan RAT membutuhkan dokumen RAT tahun 2022 dan 2023 untuk ditinjau ulang mana yang berpengaruh langsung ke kemiskinan (ditingkatkan) dan mana yang tidak berpengaruh langsung (disesuaikan).

Dr. Ir. Hery Nirwanto, MP menyampaikan bahwa fokus penyusunan RAT perlu memperhatikan nilai tukar petani, karena angkanya masih sangat rendah sekitar 101-103 padahal penduduknya mayoritas petani. Fokus angka NTP tidak hanya dilakukan penekanan biaya produksi saat panen raya saja tetapi penen secara umum. Kegiatan selanjutnya adalah pengisian form OPD, pengolahan data dan analisis serta pembuatan laporan akhir. (dw)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.