News

Pelatihan dan Supervisi Sanitasi di Desa Marmoyo

Sen, 22 Mei 2023
11:19 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Jombang-ITS. Minggu 21 Mei 2023 Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Supervisi Sanitasi untuk Hidup Bersih dan Sehat di Desa Marmoyo Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Kegiatan ini adalah sinergi antara Rotary Club of Surabaya Metropolitan, Pemerintah Desa Marmoyo dan PDPM ITS. Kegiatan ini dihadiri oleh Bu Sudarwati Kepala Desa Marmoyo, Beryl Cholif Arrachman, Pak Thomas dan Perwakilan Rotary Club of Surabaya Metropolitan, Dr. Sutikno, M.Si dan tim ITS, Bu Elly sanitarian Puskesmas Kabuh serta warga Desa Marmoyo.

Kepala Desa Marmoyo Bu Sudarwati menyampaikan terima kasih kepada Pak Thomas dari Rotary Club of Surabaya Metropolitan atas bantuan jamban sehat keluarga untuk warga Desa Marmoyo. Bantuan ini diperuntukkan bagi warga yang memang sangat membutuhkan, seperti orang tua dan janda yang hidup dan tinggal sendiri. Adanya bantuan ini, bisa mempercepat Desa Marmoyo menjadi Desa ODF (open defecation free), yaitu desa yang warganya tidak ada yang buang air besar (BAB) di sembarang tempat. Bu Sudarwati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada ITS atas fasilitasi dan pendampingan selama ini. ITS sudah hadir dan mendampingi Desa Marmoyo sejak tahun 2016, ketika akses jalan susah dan air bersih susah. Saat ini meskipun Desa Marmoyo berada di ujung/pinggiran Kabupaten Jombang, akses dan jalannya sudah bagus. Kebutuhan air bersih juga sudah terpenuhi dari program pamsimas.

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan bahwa ITS sebagai perguruan tinggi punya kewajiban pengabdian masyarakat. Kegiatan seperti di Desa Marmoyo ini adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat ITS. ITS akan membantu masyarakat dari sisi keilmuan. Untuk pendanaan ITS akan bekerja sama dengan berbagai pihak. Seperti dengan Rotary Club of Surabaya Metropolitan. ITS berharap bisa hadir dan memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat. ITS juga bekerja sama dengan stakeholder terkait. Dalam hal ini adalah Sanitarian Puskesmas Kabuh. ITS menyampaikan terima kasih kepada Bu Elly sanitarian Puskesmas Kabuh yang bersedia bersama ITS melaksanakan pendampingan, penyuluhan dan sosialisasi ke warga Desa Marmoyo. Termasuk dalam kegiatan hari ini, yang bersedia meluangkan waktu di hari Minggu untuk bersama melaksanakan pelatihan dan supervisi di Desa Marmoyo.

Kegiatan Pelatihan dan Supervisi Sanitasi Hidup Bersih dan Sehat ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM ITS yaitu pengentasan kemiskinan dengan mewujudkan desa ODF dan desa akses air bersih 100%. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (6) air bersih sanitasi layak dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.