News

ITS Survei Lapangan SSH Kabupaten Seruyan

Jum, 14 Apr 2023
4:09 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Diskusi dengan Camat Seruyan Tengah

 

Seruyan-ITS. Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan survei lapangan penyusunan standar satuan harga (SSH) Kabupaten Seruyan Tahun 2024. Survei lapangan SSH dimulai sejak Rabu 13 April 2024. Survei lapangan SSH dilaksanakan di beberapa lokasi. Diantaranya adalah di Kelurahan Rantau Pulut Kecamatan Seruyan Tengah Kabupaten Seruyan, Simpang Sebabi Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Simpang Bangkal Kecamatan Seruyan Raya, wilayah Sampit Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur, wilayah Pangkalan Bun Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kecamatan Seruyan Hilir.

Tim ITS yang melaksanakan survei lapangan SSH Kabupaten Seruyan adalah Sugiharto peneliti di PDPM dan Audi Andreanto Mahasiswa Studi Pembangunan ITS. Kegiatan survei lapangan SSH ini didukung penuh oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Seruyan. Selama proses survei Tim ITS didampingi oleh Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Barang Milik Daerah (BMD) Jhon Hartady, SE. dan Pengelola Data Aset Daerah BKAD Muhammad Hasbi.

Diskusi Tim ITS dengan Tim BKAD Kabupaten Seruyan

 

Tim ITS juga melaksanakan diskusi dengan pihak kecamatan, puskesmas dan sekolah yang ada di kecamatan. Diskusi ini terkait dengan kebutuhan barang yang sering digunakan dan lokasi/toko tempat mereka biasa belanja untuk kebutuhan kecamatan, puskesmas dan sekolah. Berdasarkan hasil diskusi, barang-barang yang sering dibeli untuk kebutuhan kantor kecamatan, sekolah dan puskesmas adalah barang-barang ATK, alat dan barang kebersihan, dan barang-barang natura makanan dan minuman.

Enti Munifah, ST., MM. Kepala Bidang Anggaran BKAD Seruyan menyampaikan bahwa kegiatan survei lapangan SSH merupakan bagian dari proses penyusunan SSH Kabupaten Seruyan Tahun 2024. SSH ini digunakan sebagai referensi penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Tahun 2024. SSH Tahun 2024 ini akan diajukan menjadi Peraturan Bupati (Perbup) Seruyan. Sehingga harus digunakan oleh semua organisasi perangkat daerah (OPD), kantor kecamatan, puskesmas dan sekolah.

Diskusi dengan Sekcam Seruyan Raya

Dwi Mei Minarti, ST. Kabid Aset BKAD Seruyan menyampaikan di Kabupetan Seruyan biasanya orang dan pemda belanja kebutuhan di beberapa tempat. Yang paling umum meraka belanja di wilayah Kuala Pembuang Kecamatan Seruyan Hilir, wilayah Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), wilayah Pembuang Hulu Kecamatan Hanau dan wilayah Sampit Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Tim ITS perlu juga obervasi dan survei di wilayah yang akses medannya berat. Seperti di Rantau Pulut Kecamatan Seruyan Tengah. Untuk wilayah Pembuang Hulu sebaiknya tidak disurvei. Karena sudah dilaksanakan oleh tim BKAD.

Tim IT survei ke toko

Kegiatan survei lapangan SSH Tahun 2024 Kabupaten Seruyan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan (PDPM) ITS yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Tim ITS survei ke toko

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.