News

Progres SSH Tahun 2024 Kabupaten Mojokerto Sudah 90%

Kam, 06 Apr 2023
11:13 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Surabaya-ITS. Progres penyusunan standar satuan harga (SSH) Tahun 2024 Kabupaten Mojokerto sudah mencapai 90%. Hal ini disampaikan Ketua Tim SSH Kabupaten Mojokerto Dr. Sutikno, M.Si. kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mojokerto. Laporan progress dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Kamis 6 April 2023.

Zoom meeting ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BPKAD Dedy Ardianto, ST., MAP., Kasubid Pengamanan, Pemindahtanganan dan Pemusnahan Barang Milik Daerah BPKAD Siti Nadip Ulfiah, ST., MM., Staf Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BPKAD Asári Afandi dan M. Fiky Efendi S. Tim ITS penyusun SSH yang hadir Ketua Tim Dr. Sutikno, M.Si., Tim Survei Sugiharto dan Tim data dan analisa Era Ardhya Pramesti  dan Magdalena Effendi.

Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan proses kerja penyusunan SSH, survei lapangan, entri data, cek hasil survei, validasi survei, simulasi harga pakai, penentuan inflasi dan penentuan harga pakai tahun 2024. Semuanya terdokumentasi dalam kertas kerja yang akan diberikan ke BPKAD. BPKAD bisa cek dan membagikan ke OPD untuk ditelaah. Harga pakai tahun 2024 akan memasukkan nilai inflasi barang. Inflasi barang akan dikelompokkan berdasarkan jenis barang. Sehingga nilai inflasi tidak seragam, tapi tergantung jenis barang.

Dedy Ardianto, ST., MAP. menyampaikan apresiasi atas kerja Tim ITS dalam menyusun SSH Tahun 2024. Melihat time line yang disampaikan Tim ITS, masih on the track. Harapannya BPKAD Kabupaten Mojokerto bisa mendapatkan penilaian MCP KPK. Hasil diskusi terkait Monitoring Centre for Prevention (MCP) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yaitu perlunya koordinasi dengan instansi vertikal untuk memperkirakan kondisi ekonomi dan inflasi tahun 2024. Instansi vertikal yang dimaksud adalah Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI). BPKAD dalam waktu dekat akan mengundang BPS Kabupaten Mojokerto dan BI Perwakilan Jawa Timur untuk diskusi proyeksi ekonomi dan inflasi tahun 2024. BPKAD akan mengundang perwakilan OPD dan kecamatan untuk menyampaikan hasil SSH Tahun 2024 sebelum diajukan menjadi Peraturan Bupati (Perbup). BPKAD meminta Tim ITS bisa hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Penyusunan SSH Kabupaten Mojokerto Tahun 2024 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/ sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.