News

Koordinasi dan Persiapan Penyusunan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) dan Analisa Satuan Biaya (ASB) Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Seruyan

Jum, 17 Mar 2023
12:16 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Surabaya-ITS. Jumat 10 Maret 2023, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah melaksanakan koordinasi via zoom untuk membahas kelanjutan pekerjaan Penyusunan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) dan Analisa Satuan Biaya (ASB) Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Seruyan. Diskusi ini dihadiri oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Seruyan. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah kepala PDPM Dr. Sutikno dan Ketua Tim Penyusun HSPK dan ASB Tahun 2024 Cahyono Bintang Nurcahyo, ST., MT.

Anggaran untuk perjalanan baik transport dan akomodasi pekerjaan SSH cukup tinggi. Nilai SSH banyak yang sama. Survei dipercayakan dengan dinas PUPR. Hasil survei tidak langsung digunakan di SSH. Ada faktor inflasi yang perlu dipertimbangkan. Perbup SSH kontruksi sudah dapat. Angkanya berbeda antara perbup dan hasil survei. Tim ITS akan membantu untuk memvalidasi hasil survey yang didapatkan. Survei dari PU jauh lebih akurat untuk data kontruksi. Harga non kontruksi merupakan usulan dari OPD. Survei non kontruksi akan dibantu untuk akomodasi dan transportasi dengan menggunakan dana dari BPKAD. Nilai non konstruksi sudah harus dimasukkan PPN nya. Sehingga ketika digunakan akan langsung termasuk dengan PPN. Survey akan dilakukan di beberapa kota di sekitar seruyan, 2 titik offline, 1 titik online.

HSPK intinya di batang tubuh. Lampirannya bisa mundur sampai dengan bulan Mei. Letak geografis seruyan akan berbeda untuk nilai transportasi. Beberapa lokasi akan dibantu untuk mensurvei. Ada kesepakatan barang-barang yang harus disurvei. Anggaran ke lapangan disesuaikan dengan SBU pemda. Untuk data fisik, perlu untuk memproyeksikan di 2024. Butuh masukan dari OPD berapa kenaikan dan perubahan yang harus diprediksikan.

Kesimpulan dari diskusi ini adalah diberikan kelompok barang yang sering digunakan, item barang akan dipelajari dan akan ditambahkan spek barang, RAB akan dishare untuk mengalokasikan mana bagian ITS, dan mana bagian Seruyan, Work sheet akan disiapkan untuk proyeksi 2024. Item basic price disiapkan. Dua minggu lagi diagendakan untuk ke Seruyan, SBU juga akan dipertimbangkan, survei bersamaan SSH dan HSPK. Selama satu minggu ke depan, tim asset akan membantu untuk survey lapangan dan ada tambahan personal yang akan berangkat ke seruyan untuk survey lapangan.

Kegiatan Diskusi Penyusunan HSPK dan ASB Tahun 2024 Kabupaten Seruyan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintrah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan SDG’s yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (dw).

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.