News

Kegiatan Koordinasi IKUPD Kota Mojokerto Tahun 2023

Sel, 28 Feb 2023
10:05 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Mojokerto, ITS – Senin, 27 Februari 2023, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto mengundang PDPM ITS dalam rangka Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Penyusunan Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah (IKUPD) Kota Mojokerto Tahun 2023. Kerjasama antara PDPM ITS dan Diskominfo Kota Mojokerto sudah memasuki tahun ketiga. Perwakilan PDPM ITS adalah Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala pusat kajian sekaligus tim penyusun.

Capaian IKUPD perlu dievaluasi setiap tahun sebagai bahan dalam pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan, baik RPJPD, RPJMD maupun RKPD. Evaluasi yang akan dilakukan adalah Evaluasi gap target, indikator, sasaran dan realisasi tahun 2022, evaluasi konsistensi program tahun 2022, evaluasi tren capaian indikator program tahun 2018-2022. Analisis yang akan dilakukan adalah statistika deskriptif, analisis korelasi dan analisis tren.

Kajian awal yang telah dilakukan oleh tim PDPM ITS adalah evaluasi indikator tujuan tahun 2022. Hasil evaluasi sementara menunjukkan realisasi pada tahun 2022 telah melampaui target dalam RPJMD Perubahan sebesar 0,23 poin. Jika dilihat secara berkala selama 3 tahun terakhir, capaian realisasi indikator tujuan mengalami tren peningkatan dengan grafik tertinggi pada setahun terakhir.

Realisasi indeks pendidikan dan indeks kesehatan pada tahun 2022 telah melampaui target dalam RPJMD, sedangkan realisasi dari Indeks Pengeluaran perkapita berada dibawah target. Jika dilihat dalam kurun waktu 3 tahun, capaian realisasi indikator sasaran dalam indikator IPM : Indeks Pendidikan naik sebesar 0,2 poin dibandingkan tahun sebelumnya, untuk Indeks Kesehatan naik sebesar 0,01 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan Indeks Pengeluaran Per Kapita naik pada realisasinya sebesar 0,017, namun belum mencapai target pada tahun tersebut

Kegiatan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan SDG’s yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (dw)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.