News

PDPM Mencetak Surveyor Handal melalui Pelatihan Surveyor

Sen, 20 Feb 2023
2:43 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

 

Surabaya-ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Surveyor PDPM Tahun 2023 pada hari Jumat-Sabtu tanggal 17 – 18 Februari 2023 di Ruang Sidang DRPM Lantai 5 Gedung Pusat Riset ITS. Fasilitator dan pemateri dari staf PDPM dan Guest Lecturer Kartika Nur Annisa’, Ph.D alumni Departemen Statistik ITS dan National Taiwan University of Science and Technology  (NTUS) Taiwan. Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta dari beberapa departemen di ITS. Yaitu dari Departemen Statistik, Manajemen Bisnis, Perencanaan Wilayah dan Kota, Statistika Bisnis (vokasi) dan Studi Pembangunan.

Tujuan dari pelatihan ini adalah melatih calon surveyor PDPM yang akan dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan di PDPM. Materi Pelatihan Surveyor yang diberikan adalah manajemen survei PDPM, guest lecturer pentingnya data dalam pemerintahan dan penelitian, surveyor handal, etika dan kewajiban surveyor. Dengan materi ini diharapkan peserta dapat menjadi surveyor yang handal. Karena surveyor adalah ujung tombak dalam penelitian.

Guest Lecturer Kartika Nur Annisa’, Ph.D. menyampaikan materi

Zurida Alisha Muntaz mahasiswa Departemen Statistik peserta pelatihan surveyor PDPM Tahun 2023 mengaku senang dapat ikut kegiatan ini. Banyak ilmu dan juga sharing pengalaman survei yang baik di PDPM. Zuri, panggilan akrab mahasiswi asal Lumajang ini, mendapatkan banyak ilmu dan tips bagaimana menemui dan wawancara kepada responden yang menolak ketika disurvei. Zuri berharap PDPM menyelenggarakan pelatihan analisa data survei. Karena sangat dibutuhkan dirinya sebagai mahasiswa statistik. Novianti Ika Sari asisten Peneliti PDPM, menyampaikan PDPM akan menyelenggarakan pelatihan analisa data. Pelatihan berupa workshop dengan studi kasus data survei di PDPM. Undangan pelatihan analisa data akan disampaikan ke semua peserta pelatihan surveyor PDPM tahun 2023.

Kegiatan Pelatihan Surveyor PDPM Tahun 2023 ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (4) Pendidikan berkualitas dan tujuan nomer (5) kesetaraan gender. (Sgh)

Presentasi tugas kelompok

 

Novianti Ika Sari menyampaikan materi

 

Nur Suci Romadloni menyampaikan materi

 

Diskusi kelompok

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.