News

Kegiatan Fasilitasi Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Kapuas Tahun 2024 – 2026

Sen, 20 Feb 2023
1:23 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Palangkaraya, ITS – 20 Februari 2023, PDPM ITS menghadiri kegiatan fasilitasi Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kapuas 2024-2026. Kegiatan ini diselenggarakan di aula Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini dibuka oleh secretariat daerah provinsi Kalimantan Tengah dilanjutkan dengan sambutan dari secretariat daerah Kabupaten Kapuas yang membahas mengenai integrasi program dengan pusat dan provinsi. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama PDPM ITS dan Bappeda Kabupaten Kapuas dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Kapuas. Perwakilan dari PDPM ITS adalah Dr. Sutikno, M.Si dan Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic.rer.reg selaku tim penyusun sekaligus tenaga ahli RPD Kabupaten Kapuas.

Beberapa hal yang dibahas adalah RPD wajib direview oleh Inspektorat. Adapun masukan dari dinas terkait, diantaranya adalah pada bagian pendidikan di RPD tujuan 5 dan isu ke 7 terkait terwujudnya SDM dan pembangunan yang inklusif bisa ditambahkan khususnya untuk pembangunan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan. Program dan Kegiatan urusan permukiman, sudah terakomodir dalam sub kegiatan RPD Kapuas, tapi di tabel pendanaan masih kosong semua, ada kekhawatiran, program nya sudah ada tapi pelaksanaannya ditakutkan tidak ada karena tidak ada dana. Pada RPD bidang ketenagakerjaan, berdasarkan kemendagri dan ikk yang telah ditetapkan, contoh outcome untuk mengatasi pengangguran dinilai masih belum sesuai.

Pembahasan lain terkait Food estate atau ketahanan pangan, bidang tenaga kerja punya BMK, harusnya diarahkan pelatihan keterampilan di kawasan transmigrasi. Salah satu kawasan transmigrasi kalteng ada di Kapuas. Oleh karena itu program-program diharapkan dapat mendukung kawasan tersebut. Saran dan tanggapan terkait RPD yang wajib diberikan pada daerah secara tertulis paling lambat Selasa sore untuk dimasukkan dalam Surat Rekomendasi. Perangkat daerah provinsi diharapkan untuk menyampaikan masukan untuk Kabupaten Kapuas karena merupakan rencana jangka panjang.

Kegiatan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM ITS yaitu manajemen tata Kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer  (17) kemitraan untuk mencapai tujuan.(dw)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.