News

ITS Melaksanakan Konsultasi Publik RPD Kapuas dengan seluruh OPD

Rab, 18 Jan 2023
9:30 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

 

Bupati Kapuas bersama Tim ITS Penyusun RPD Kapuas

KAPUAS-ITS. Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan pendampingan dan konsultasi publik dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini diselenggarakan tanggal 12 – 13 Januari 2023 di ruang rapat utama Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Pemerintah Kabupaten Kapuas. Rencana Pembangunan Daerah disusun sebagai amanat dari instruksi Mendagri Nomor 52 Tahun 2022 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah bagi Daerah dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir pada Tahun 2023 dan Daerah Otonomi Baru. Sehingga penyusunan RPD tersebut merupakan agenda wajib yang menentukan arah pembangunan Kabupaten Kapuas kedepannya. RPD ini disusun untuk kegiatan tahun 2023-2026.

Konsultasi publik dihadiri oleh Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S. Bahat, M.M., M.T., Wakil Bupati Kapuas Drs. H.M. Nafiah Ibnor, MM., Kepala Bappeda Kapuas Drs. Catur Ferianto, MT., perwakilan DPRD Kapuas, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kapuas, dan para Camat yang ada di Kabupaten Kapuas. Tim ITS yang hadir adalah Ketua PDPM ITS  Dr. Sutikno, M.Si., Tenaga ahli Perencanaan Wilayah dan Kota Vely Kukinul Siswanto, ST., MT., M.Sc, dan Nida Farikha, ST., MT., Dosen Studi Pembangunan  ITS Yuni Setyaningsih, S.K.Pm., M.Sc, serta asisten tenaga ahli. Acara konsultasi publik RPD Kapuas dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S. Bahat, M.M., M.T. Bupati Kapuas menyampaikan sambutan dan pembahasan mengenai potensi Kabupaten Kapuas dari berbagai aspek. Beliau menekankan potensi letak strategis yang dimiliki Kapuas dapat dimanfaatkan untuk mendobrak pertumbuhan ekonomi dengan dukungan infrastruktur yang membuka keterasingan daerah.

Ketua PDPM Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan pengantar RDP Kapuas

Pada hari pertama, konsultasi publik dibagi menjadi 2 sesi. Ketua PDPM ITS, Bapak Dr. Sutikno, M.Si., melakukan pemaparan isu strategis, serta tujuan sasaran beserta program yang diusulkan untuk pembangunan Kabupaten Kapuas selama 3 tahun mendatang. Dilanjutkan sesi kedua yaitu diskusi terfokus bersama OPD yang dibagi menjadi aspek sosial, ekonomi, dan infrastruktur untuk membahas program yang ingin dilakukan untuk menjawab tujuan sasaran dari Pemerintah Kabupaten Kapuas. Sesi kedua dipimpin oleh Tim ITS. Hasil konsultasi publik hari pertama adalah penyepakatan program yang harus dijalankan masing-masing dinas sebagai komitmen OPD. Kolaborasi antar OPD diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan stunting, ketahanan pangan, pemulihan ekonomi dan pengentasan kemiskinan yang merupakan 3 isu dengan peringkat teratas di Kabupaten Kapuas.

 

Diskusi terfokus Tim ITS dengan OPD Kapuas

Hari kedua merupakan pembahasan Indikator Kinerja Utama (IKU) antara OPD di Kapuas, Bappeda, dan tim ITS sebagai pendamping. Urgensi seluruh OPD untuk duduk bersama dalam penyepakatan IKU merupakan janji OPD yang harus dituntaskan dalam tiga tahun mendatang, dan merupakan komitmen untuk bekerja secara optimal. Pemerintah Kabupaten Kapuas optimis dalam menyelesaikan permasalahan daerah dan meningkatkan capaian pembangunan untuk Kabupaten Kapuas yang lebih maju selama tiga tahun kedepan.

Kegiatan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM ITS yaitu manajemen tata Kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer  (17) kemitraan untuk mencapai tujuan.(Okt)

 

 

 

 

 

Latest News

  • ITS dan STKIP Bersinergi dalam Pengembangan WASH di Jawa Timur

    Kiri ke kanan: Wakil Kepala PDPM Dr. Soedarso, Ketua STKIP Pacitan Dr. Mukodi, Kepala PDPM Dr. Sutikno, dan Dosen

    18 Jan 2023
  • ITS Melaksanakan Konsultasi Publik RPD Kapuas dengan seluruh OPD

      Bupati Kapuas bersama Tim ITS Penyusun RPD Kapuas KAPUAS-ITS. Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM)

    18 Jan 2023
  • Diskusi Inisiasi Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Air Bersih, Sanitasi dan Kesehatan di Kabupaten Probolinggo

    Selasa, 10 Januari 2023, PDPM ITS mengadakan pertemuan dengan Bappeda Kabupaten Probolinggo bidang litbang dalam rangka inisiasi kegiatan pengembangan

    16 Jan 2023