News

Diskusi Inisiasi Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Air Bersih, Sanitasi dan Kesehatan di Kabupaten Probolinggo

Sen, 16 Jan 2023
9:24 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Selasa, 10 Januari 2023, PDPM ITS mengadakan pertemuan dengan Bappeda Kabupaten Probolinggo bidang litbang dalam rangka inisiasi kegiatan pengembangan infrastruktur air bersih, sanitasi dan kesehatan di Kabupaten Probolinggo dalam rangka untuk mendukung upaya penurunan dan pencegahan stunting. Pertemuan dihadiri oleh Alfiatul Khoiriyah, S.Si, M.AP selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan dari Bappeda Kabupaten Probolinggo. Perwakilan PDPM ITS adalah Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS, Dr. Soedarso, M.Hum sebagai wakil kepala PDPM ITS dan Detti Rahmawati S.IP, M.T selaku tenaga ahli PDPM ITS. Tujuan kegiatan ini adalah koordinasi awal untuk menjalin kerjasama/ mitra dalam rangka inisiasi kegiatan penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Probolinggo.

Pertemuan ini dalam rangka usulan kegiatan penelitian Kedaireka Matching Fund Tahun 2023 dengan tema “Kemandirian Kesehatan”. Lingkup kegiatan ini sebenarnya akan mencakup beberapa Kabupaten di Jawa Timur, dan salah satunya adalah Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini  dimaksudkan untuk mencapai kemandirian kesehatan dan percepatan penurunan stunting di beberapa kabupaten di Jawa Timur, salah satunya Kabupaten Probolinggo, di mana fokus penelitian adalah pengembangan infrastruktur air bersih dan sanitasi. Jangkauan dan fokus utama dari kegiatan ini adalah daerah rawan air.

Penelitian ini memerlukan dukungan data tentang dana APBD dan APBN terkait sanitasi, air bersih, dan kesehatan di Kabupaten Probolinggo atau dana sumber lain, data lokasi rawan air yang sudah terbangun hingga 2022, desain program yang pernah ada dan alih tehnologinya, inovasi terkait sanitasi, air bersih, dan kesehatan yang sedang atau sudah dilakukan. Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah Kabupaten Probolinggo sebagai mitra terpilih bekerjasama dengan ITS dalam kegiatan pengembangan infrastruktur air bersih, sanitasi dan kesehatan dalam rangka untuk mendukung upaya penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, (2) mengakhiri kelaparan, (3) kesehatan yang baik dan kesejahteraan, (5) kesetaraan gender dan tujuan nomer (6) akses air bersih dan sanitasi. (dw/sdrs)

Latest News

  • ITS dan STKIP Bersinergi dalam Pengembangan WASH di Jawa Timur

    Kiri ke kanan: Wakil Kepala PDPM Dr. Soedarso, Ketua STKIP Pacitan Dr. Mukodi, Kepala PDPM Dr. Sutikno, dan Dosen

    18 Jan 2023
  • ITS Melaksanakan Konsultasi Publik RPD Kapuas dengan seluruh OPD

      Bupati Kapuas bersama Tim ITS Penyusun RPD Kapuas KAPUAS-ITS. Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM)

    18 Jan 2023
  • Diskusi Inisiasi Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Air Bersih, Sanitasi dan Kesehatan di Kabupaten Probolinggo

    Selasa, 10 Januari 2023, PDPM ITS mengadakan pertemuan dengan Bappeda Kabupaten Probolinggo bidang litbang dalam rangka inisiasi kegiatan pengembangan

    16 Jan 2023