News

KKN Desa Emas Bermanfaat untuk Masyarakat Pacitan

Jum, 23 Des 2022
4:01 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Pacitan-ITS. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Emas (Eliminasi Stunting) di Kabupaten Pacitan memberikan manfaat perbaikan dalam sarana kesehatan lingkungan di masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai upaya percepatan penurunan resiko stunting yang ada di Kabupaten Pacitan. Hal ini mengemuka dalam kegiatan diseminasi hasil KKN Desa Emas Kabupaten Pacitan yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB PPPA) Kabupaten Pacitan bersama Tim Desa Emas Pacitan. Kegiatan diseminasi ini dilaksanakan pada hari Rabu 21 Desember 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Pacitan, kades lokasi KKN dan Tim Desa Emas dari ITS Surabaya dan STKIP Pacitan. Tim ITS yang hadir adalah PIC Deti Rahmawati, S.IP. MT., Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si.,  Wakil Kepala PDPM ITS Dr. Soedarso, Tenaga Ahli Air dan Sanitasi Ir. Eddy S. Soedjono, Ph.D. Tim STKIP Pacitan yang hadir adalah PIC Dr. Mukodi dan Sugiyono, M.Pd.


Eny Widayati, S.Sos., M.Si. perwakilan DPPKB PPPA Pacitan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada ITS dan STKIP Pacitan atas terselenggaranya kegiatan KKN ini. Apalagi ada dari Kampus ITS Surabaya. Selama ini kegiata KKN di Kabupaten Pacitan banyak berasal dari perguruan tinggi Jawa Tengah. DPPKB PPPA Pacitan berharap kegiatan yang telah terlaksana dapat dilanjutkan dengan sinergi semua OPD. Terutama untuk mencapai target penurunan resiko stunting di bawah 14%. Sesuai amanat Presiden Republik Indonesia. Bu Eni juga meminta kepada Kades untuk terus monitoring kondisi stunting di desanya dan merawat fasilitas sarana air bersih yang telah dibangun.


Deti Rahmawati, S.IP., MT. PIC Desa Emas dari ITS menyampaikan bahwa kegiatan KKN Emas telah selesai dilaksanakan di 10 desa. Ada 12 mahasiswa ITS dan 15 mahasiswa STKIP yang ikut kegiatan KKN Desa Emas Pacitan. Desa Emas Pacitan merupakan kabupaten dengan capaian kegiatan terbanyak dari 18 kabupaten/kota di Jawa Timur yang melaksanakan KKN Desa Emas. Capaian ini berkat koordinasi dan kerja sama yang baik dengan semua stakeholder di Pacitan. Baik dari DPPKB PPPA, kades, puskesmas maupun masyarakat. ITS berkomitmen untuk terus berkontribusi bagi Kabupaten Pacitan melalui berbagai program. Diantaranya progam pengabdian masyarakat ITS.

Program KKN Desa Emas mahasiswa ITS di bawah koordinasi Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS. Kegiatan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM ITS yaitu pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, (2) mengakhiri kelaparan, (3) kesehatan yang baik dan kesejahteraan, (5) kesetaraan gender dan tujuan nomer (6) akses air bersih dan sanitasi. (Sgh)

 

 

Latest News

  • ITS dan STKIP Bersinergi dalam Pengembangan WASH di Jawa Timur

    Kiri ke kanan: Wakil Kepala PDPM Dr. Soedarso, Ketua STKIP Pacitan Dr. Mukodi, Kepala PDPM Dr. Sutikno, dan Dosen

    18 Jan 2023
  • ITS Melaksanakan Konsultasi Publik RPD Kapuas dengan seluruh OPD

      Bupati Kapuas bersama Tim ITS Penyusun RPD Kapuas KAPUAS-ITS. Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM)

    18 Jan 2023
  • Diskusi Inisiasi Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Air Bersih, Sanitasi dan Kesehatan di Kabupaten Probolinggo

    Selasa, 10 Januari 2023, PDPM ITS mengadakan pertemuan dengan Bappeda Kabupaten Probolinggo bidang litbang dalam rangka inisiasi kegiatan pengembangan

    16 Jan 2023