News

RSUD dr. Mohamad Saleh Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Kam, 15 Des 2022
9:55 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Probolinggo-ITS. RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo berkomitmen meningkatkan kepuasan karyawan. Hal ini disampaikan pimpinan dan manajemen RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo dalam paparan laporan Survei Kepuasan Karyawan Tahun 2022. Laporan survei kepuasan karyawan ini dilaksanakan pada hari Selasa 15 Desember 2022 di Ruang Pertemuan Edelweis RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Kegiatan ini dihadiri oleh semua Kepala Bagian/Bidang RSUD dr. Muhamad Saleh Kota Probolinggo dan perwakilan karyawan.

Survei kepuasan karyawan RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo dilaksanakan oleh Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Survei dilaksanakan pada bulan November 2022. Responden survei adalah karyawan RSUD dr. Muhamad Saleh Kota Probolinggo di semua bagian/bidang. Responden dipilih secara acak berdasarkan metodologi sampling yang telah ditentukan.

Dimensi kepuasan yang diukur adalah reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible. Reliability adalah kemampun untuk mewujudkan pelayanan yang dijanjikan handal dan akurat. Responsiveness adalah kemampuan untuk membantu para pemanfaat/pengguna dengan menyediakan pelayanan yang cepat dan tepat. Assurance meliputi pengetahuan, kemampuan, dan kesopanan atau kebaikan dari personal serta kemampuan untuk mendapatkan kepercayaan dan keinginan. Emphaty mencakup menjaga dan memberikan tingkat perhatian secara individu atau pribadi terhadap kebutuhan-kebutuhan pengguna layanan. Tangible meliputi fasilitas fisik, peralatan atau perlengkapan, nilai dan penampilan personal.

Dr. Sutikno, M.Si., ketua tim penyusun survei kepuasan karyawan menyampaikan berdasarkan hasil survei dan analisis terdapat beberapa rekomendasi untuk peningkatan indeks kepuasan karyawan (IKK) RSUD dr. Muhamad Saleh Kota Probolinggo. Capaian IKK pada bagian/bidang dengan kategori baik perlu dipertahankan dan ditingkatkan.  IKK bagian/bidang kurang baik perlu upaya yang lebih optimal untuk perbaikan layanan. RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo perlu meningkatkan dimensi layanan responsiveness yang mudah dijalankan. RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo perlu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan aman untuk para karyawan. Tempat kerja yang representatif, kebijakan pegawai yang adil dan sesuai kebutuhan karyawan. Peningkatan kompetensi SDM sesuai dengan kebutuhan bagian dan bidang layanan. Setiap bidang/bagian layanan di RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo memperhatikan masukan dari setiap karyawan pengguna layanan untuk peningkatan kualitas layanan.

Kegiatan survei kepuasan karyawan RSUD dr. Muhamad Saleh Kota Probolinggo Tahun 2022 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintrah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan SDG’s yaitu tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, (dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.