News

PDRB Sektor Pariwisata Kabupaten Tuban Tahun 2022

Kam, 15 Des 2022
8:08 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Jumat, 9 Desember 2022, Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS mendapat undangan FGD dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban untuk memberikan pemaparan terkait PDRB sektor pariwisata di Kabupaten Tuban. FGD ini untuk membahas berapa kontribusi sektor pariwisata terhadap PDRB Kabupaten Tuban. Harapannya, muncul rekomendasi yang tepat untuk pengembangan sektor pariwisata Tuban ke depan. FGD diadakan di kantor Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban dan dihadiri oleh kepala dinas, M. Ernawan Putra dan Siti Umi Hanik sebagai Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, serta Pariwisata.

(Dr. Sutikno M.Si berdiskusi dengan Kepala Dinas Pariwisata)

Dr. Sutikno, M.Si menyampaikan bahwa sektor pariwisata belum berdiri sendiri sebagai sebuah sektor pada PDRB. Aktifitas pariwisata berpengaruh terhadap sektor transportasi, sektor akomodasi, sektor informasi, sektor perusahaan,dan sektor Kesehatan – tabel input-output. Jumlah objek wisata di Kabupaten Tuban mencapai 81 objek wisata yang terdiri atas wisata alam, wisata buatan, wisata tirta dan objek ziarah.

(Materi PPT Dr. Sutikno, M.Si)

Kontribusi sektor pariwisata terhadap PDRB di Tuban masih tergolong rendah, masih di bawah 10 persen. PDRB Kabupaten Tuban masih didominasi oleh Industri Pengolahan; Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor. Ada kecenderungan kontribusi pariwisata di Kabupaten Tuban mengalami kenaikan dalam kurun 4 tahun terakhir, sehingga berpotensi menjadi basis ekonomi.

Upaya pengembangan potensi wisata di Kabupaten Tuban perlu dilakukan dengan berbagai strategi: (1) Pengembangan dan penguatan obyek wisata yang khas; (2) Memperbaiki dan merawat sarana prasarana menuju objek wisata; (3) Menyediakan dan memperbaiki fasilitas yang ada di objek wisata; (4) Meningkatkan promosi dan menjaga citra objek wisata (5) Menyediakan layanan penunjang tambahan di objek wisata (6) Menentukan tarif yang bersaing untuk objek wisata beserta infrastruktur pendukung lainnya (7) Meningkatkan kapasitas SDM pelaku pariwisata (8) Meningkatkan kerja sama (networking) dengan stakeholder dalam pengembangan dan pengelolan objek wisata. Kegiatan penyusunan dokumen analisis PDRB Pariwisata Kabupaten Tuban sesuai dengan SDG’s yaitu tujuan nomer (11) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan.  (dw)

Latest News

  • ITS dan STKIP Bersinergi dalam Pengembangan WASH di Jawa Timur

    Kiri ke kanan: Wakil Kepala PDPM Dr. Soedarso, Ketua STKIP Pacitan Dr. Mukodi, Kepala PDPM Dr. Sutikno, dan Dosen

    18 Jan 2023
  • ITS Melaksanakan Konsultasi Publik RPD Kapuas dengan seluruh OPD

      Bupati Kapuas bersama Tim ITS Penyusun RPD Kapuas KAPUAS-ITS. Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM)

    18 Jan 2023
  • Diskusi Inisiasi Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Air Bersih, Sanitasi dan Kesehatan di Kabupaten Probolinggo

    Selasa, 10 Januari 2023, PDPM ITS mengadakan pertemuan dengan Bappeda Kabupaten Probolinggo bidang litbang dalam rangka inisiasi kegiatan pengembangan

    16 Jan 2023