News

Masterplan RTH Kabupaten Kediri Mewujudkan Infrastruktur Hijau dan Berkelanjutan

Kam, 01 Des 2022
8:44 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Kediri-ITS. Pemerintah Kabupaten Kediri menetapkan Masterplan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai upaya untuk mewujudkan infrastruktur hijau dan berkelanjutan. Hal ini mengemuka dalam presentasi laporan penyusunan Masterplan RTH Kabupaten Kediri. Laporan ini laksanakan oleh Tim ITS kepada Dinas Lingkungan Hidup pada hari Rabu 30 November 2022 di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah perwakilan dari Bappeda, Dipertabun, DPKP, PUPR dan BPKAD Kabupaten Kediri.

Dalam masterplan RTH Kabupaten Kediri ini dicantumkan strategi, indikasi program dan OPD pelaksana. Sehingga luas area ruang terbuka hijau sesuai dengan target 30%. Pengembangan RTH dilaksanakan dengan membagi fungsi antara lokasi –lokasi yang menjadi “nodes” dan juga “jalur”. Beberapa contoh nodes adalah taman-taman yang sudah ada, daerah konservasi/cagar alam. Sedangkan yang mencakupi jalur adalah taman median jalan, jalur pesepeda. Optimalisasi infrastruktur hijau dengan menambahkan infrastruktur hijau seperti biopori, drainase resapan pada kawasan rawan banjir dan juga implementasi penghijauan pada rooftop terutama pada bangunan-bangunan pemerintah. Pengembangan RTH juga dilaksanakan dengan mengintegrasikan kepentingan manusia dan alam pada setiap lokasi pengembangan yang ada.

Kegiatan Penyusunan Masterplan RTH Kabupaten Kediri Tahun 2023 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera,  tujuan nomer (11) kota dan pemikiman berkelanjutan, tujuan nomer (13) penanganan perubahan iklim, tujuan nomer (15) ekosistem daratan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.