News

KKN Mahasiswa ITS dan STKIP Pacitan Membangun Sarana Air Bersih

Kam, 01 Des 2022
9:05 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Pacitan-ITS. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ITS dan STKIP Pacitan bersama warga membangun sarana air bersih untuk pencegahan dan penurunan resiko stunting. Pembangunan sarana air bersih dilaksanakan  di 20 titik di 10 desa lokasi KKN Desa Emas Kabupaten Pacitan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Desa Emas (eliminasi stunting) Kabupaten Pacitan. Program Desa Emas Pacitan berada di Desa Bandar, Desa Petung Sinarang, Desa Kasihan, Desa Ploso, Desa Nawangan, Desa Pakis Baru, Desa Penggung, Desa Sempu, Desa Sudimoro dan Desa Kalikuning.

Proses pembangunan sarana air bersih ini dimulai sejak Oktober 2022. Mahasiswa KKN melaksanakan survey kebutuhan air bersih warga, survey sumber mata air warga dan FGD perencanaan sarana air bersih warga. Semua proses ini melibatkan mahasiswa KKN dan warga setempat. Warga desa sangat senang dengan adanya pembangunan sarana air bersih ini. Selama ini warga membutuhkan effort yang besar untuk mendapatkan air bersih. Adanya pembangunan ini, memudahkan warga dalam mendapatkan air bersih untuk cuci, mandi dan juga masak.

Deti Rahmawati, S.IP., MT. PIC Program Desa Emas Pacitan dalam kunjungan supervisi di lokasi KKN berharap kegiatan ini bermanfaat untuk warga desa. Warga dapat memanfaatkan dan merawat sarana air bersih yang telah dibangan. Apalagi proses pembangunannya dilaksanakan bersama warga.

Program KKN Desa Emas mahasiswa ITS di bawah koordinasi Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS. Kegiatan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM ITS yaitu pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, (2) mengakhiri kelaparan, (3) kesehatan yang baik dan kesejahteraan, (5) kesetaraan gender dan tujuan nomer (6) akses air bersih dan sanitasi. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.