News

ITS Menyusun RPD Kabupaten Kapuas

Kam, 01 Des 2022
11:46 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Kapuas-ITS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membantu Pemerintah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah dalam menyusun rencana pembangunan daerah (RPD) Tahun 2024-2026. Penyusunan Dokumen RPD ini menjadi pedoman penyusunan renstra PD, RKPD dan APBD Kabupaten Kapuas sampai tahun 2026. Kegiatan Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kapuas 2024-2026 dilaksanakan pada hari Selasa 29 November 2022 di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Tim ITS, Bappeda, dan semua OPD yang ada di Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Isu strategis daerah dalam menyusun RPD Kabupaten Kapuas adalah realisasi pembangunan kawasan indsutri dan Pelabuhan Batanjung, pembangunan ketahanan pangan daerah guna mendukung ketahanan pangan nasional di Kapuas (food estate), penanganan stunting guna memenuhi target nasional dan Provinsi Kalteng, pelayanan publik dan administratif pemerintah berbasis IT guna memenuhi target MCP, serta pemenuhan pelayanan dasar masyarakat (pembangunan jalan, listrik, air bersih, sarana telekomunikasi, kesehatan dan Pendidikan).

Diskusi Tim ITS dengan Pemda Kapuas Provinsi Kaltim.

 

Ketua tim penyusun RPD Kabupaten Kapus Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan bahwa penyusunan RPD ini membutuhkan data-data OPD. ITS berharap adanya rapat koordinasi ini sebagai awal yang baik dalam kerjasama ITS dengan Bappeda dan semua OPD. ITS akan berkomunikasi dengan semua OPD untuk teknis kebutuhan data yang akan digunakan dalam RPD Kabupaten Kapuas.

 

Kegiatan Penyusunan Dokumen RPD Kabupaten Kapuas Tahun 2024-2026 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (2) tanpa kelaparan, tujuan (3) kehidupan sehat dan sejahtera,  tujuan nomer (4) Pendidikan berkualitas, tujuan nomer (5) kesetaraan gender), tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi layak, tujuan nomer (11) kota dan pemukiman berkelanjutan, tujuan nomer (15) ekosistem daratan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Peserta rapat koordinasi penyusunan RPD Kabupaten Kapuas.

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.