News

KKN Desa Emas Mahasiswa ITS Membangun Sarana Air Bersih

Sen, 21 Nov 2022
10:35 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Mahasiswa KKN Desa Emas bersama Dosen Pendamping dan Perwakilan Dinas PPKB dan PPPA Pacitan

 

Pacitan-ITS. Kuliah kerja nyata (KKN) Desa Emas Mahasiswa ITS dan STKIP Pacitan di Kabupaten Pacitan akan membangun sarana air bersih untuk warga di 20 titik lokasi. Hal ini disampaikan PIC Desa Emas Pacitan Dr. Mukodi dalam acara penyerahan bantuan sarana air bersih di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan  Perlindungan Perempuan Pemberdayaan Anak (PPKB dan PPPA) Kabupaten Pacitan. Acara penyerahan bantuan sarana air bersih dilaksanakan pada hari Jumat 18 November 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Kades lokasi KKN Desa Emas Pacitan, mahasiswa KKN dan perwakilan dari Dinas PPKB dan PPPA Pacitan.

Sambutan Eny Widayatai, S.Sos., M.Si dari Dinas PPKB dan PPPA Pacitan bersama Dr. Mukodi.

Sarana air bersih warga yang akan dibangun berdasarkan survei dan analisa kebutuhan. Mahasiswa KKN dan warga desa berembug untuk menentukan titik lokasi sarana air bersih, desain sarana air bersih dan rencana anggaran biaya. Rembug ini sudah dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Pembangunan sarana air bersih melibatkan warga desa dan supervisi oleh mahasiswa KKN. Diharapakan pembangunan sarana air bersih ini dapat selesai pada awal Desember 2022. Lokasi KKN Desa Emas Kabupaten Pacitan berada di Desa Kalikuning, Desa Bandar, Desa Kasihan, Desa Penggung, Desa Sempu, Desa Petungsinarang, Desa Ploso, Desa Nawangan, Desa Pakisbaru dan Desa Sudimoro.

Penyerahan bantuan sarana air bersih kepada Kades Kasihan

Eni Widayati, S.Sos., M.Si. perwakilan Dinas PPKB dan PPPA Pacitan menyampaikan agar bantuan dari perguruan tinggi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kepada Kades yang menjadi lokasi KKN Desa Emas diminta untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan ini. Dinas PPKB dan PPPA Pacitan juga akan melaksanakan kegiatan pencegahan dan penurunan resiko stunting di desa. Termasuk di Desa Kalikuning Kecamatan Nawangan yang menjadi lokasi KKN Desa Emas.

Program KKN Desa Emas mahasiswa ITS di bawah koordinasi Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS. Kegiatan ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM ITS yaitu pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, (2) mengakhiri kelaparan, (3) kesehatan yang baik dan kesejahteraan, (5) kesetaraan gender dan tujuan nomer (6) akses air bersih dan sanitasi. (Sgh)

Penyerahan bantuan sarana air bersih kepada Kades Ploso Kecamatan Tegalombo

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.