News

PDPM ITS: KAJIAN STATISTIK UNTUK INDIKATOR KINERJA UTAMA PEMERINTAH DAERAH

Rab, 02 Nov 2022
10:59 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Senin, 31 Oktober 2022, Tenaga Ahli PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si., Dr. Setiawan, MS., Dr. Soedarso, M.Hum diundang oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto sebagai narasumber Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah dalam Sosialisasi Hasil Penyusunan Kajian Statistika Kota Mojokerto Tahun 2022. Acara juga dihadiri oleh Kepala BPS Statistik Kota Mojokerto Mimik Nurjanti, S.Si., M.Si dan perwakilan dari masing-masing perangkat daerah Kota Mojokerto. Acara dibuka oleh Wiyono, SH Kepala Kepala Bidang Persandian dan Data Statistik dan Siti Noor’aini, SH., MM Kasi Pengelolaan Data dan Statistik Diskominfo.

Dr. Setiawan, M.S, Dr. Sutikno, M.Si., Wiyono, SH., Dr. Soedarso, M.Hum, Mimik Nurjanti, S.Si., M.Si (Kiri-Kanan)

Kajian Statistik Kota Mojokerto yang disosialisasikan terdiri dari: Evaluasi Indikator Kinerja Utama Perangkat Daerah (IKUPD) Tahun 2021, Penyusunan Dokumen Indeks Gini Kota Mojokerto Tahun 2022, Dan Penyusunan Indeks Kesalehan Sosial Tahun 2022. Hasil dari kajian ini menginformasikan beberapa capaian indikator utama dan indikator sasaran Kota Mojokerto telah memenuhi target sesuai dengan target P-RPJMD Kota Mojokerto Tahun 2018 – 2023, seperti: Indeks Pembangunan Manusia, Indeks Kesalehan Sosial. Beberapa indikator tujuan belum memenuhi target P-RPJMD, sehingga perlu upaya optimal untuk peningkatan agar sesuai dengan target.

Dr. Sutikno, M.Si menjelaskan hasil evaluasi Indikator Kinerja Utama

Hasil kajian IKUPD secara tidak langsung mengevaluasi capaian kinerja OPD. Ketercapaian tahun 2022 akan menjadi acuan untuk penyusunan strategi, agar kinerja OPD sesuai target di akhir kepengurusan Walikota Kota Mojokero tahun 2023, jelas Dr. Sutikno, M.Si. Kegiatan Sosialisasi dan koordinasi seperti hari ini sebaiknya dilakukan secara periodik, untuk sinkronisasi data antar OPD yang digunakan untuk evaluasi capaian Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah.

Kepala BPS Statistik, menyatakan kegiatan kajian statistik yang dilakukan oleh Tim ITS merupakan pengukuran data sektoral yang tidak dilakukan oleh BPS. Sehingga kegiatan seperti perlu dilakukan secara periodik. Pengukuran data sektoral digunakan untuk pemenuhan kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yag merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan.

Peserta sedang menyimak paparan narasumber

Pemenuhan menjadi narasumber merupakan upaya PDPM untuk berkontribusi dalam manajemen tata kelola pemerintah. Serta sejalan dengan tujuan SDG’s yaitu tujuan nomer (11) Kota dan komunitas berkelanjutan, (16) Perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh, dan (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (nvi)

 

Latest News

  • PDPM ITS: KAJIAN STATISTIK UNTUK INDIKATOR KINERJA UTAMA PEMERINTAH DAERAH

    Senin, 31 Oktober 2022, Tenaga Ahli PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si., Dr. Setiawan, MS., Dr. Soedarso, M.Hum diundang oleh

    02 Nov 2022
  • Kerja Praktek di PDPM ITS, Mahasiswa dibekali Kemampuan Riset Pelatihan dan Pendampingan

    Jumat, 28 Oktober 2022, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PDPM ITS), Gedung Riset

    01 Nov 2022
  • Workshop Pengembangan Model Output Statistik di Surabaya

    Kamis, 27 Oktober 2022, PDPM ITS mengadakan mini workshop pemaparan dan diskusi hasil pengembangan Model Output Statistik di Surabaya.

    28 Okt 2022