News

Kunjungan Hima Biologi ke PDPM ITS Dalam Rangka Reaction (Ristek In Action)

Sen, 24 Okt 2022
11:46 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Sabtu, 22 Oktober 2022, PDPM ITS menerima kunjungan dari Himpunan Mahasiswa Biologi ITS dalam rangka kegiatan “Reaction (Ristek In Action)”. Kegiatan ini berupa kunjungan ke beberapa tempat, salah satunya PDPM ITS guna melakukan analisis dan menemukan ide PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Sebanyak 18 mahasiswa biologi ikut berpartisipasi dalam kunjungan ini. Rombongan disambut oleh Dr. Soedarso, M.Hum, selaku wakil kepala PDPM ITS dan Prianti Tuhu Setyo Ariyanti, S.Si sebagai staf PDPM.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh wakil kepala PDPM ITS kemudian dilanjutkan dengan memaparkan profil PDPM. Dr. Soedarso, M.Hum menjelaskan bahwa PDPM ITS memiliki beberapa layanan, diantaranya adalah riset, penyusunan perencanaan dan evaluasi program, pendampingan program, pelatihan dan workshop serta jasa konsultasi. Capaian program di PDPM ITS selalu di atas 100 persen.

Selama tahun 2022, PDPM ITS juga menerima mahasiswa magang yang berasal dari jurusan Statistika dan Studi Pembangunan. Selain itu, PDPM juga menerima magang anak SMK yang berasal dari SMK AdhikaWacana Surabaya. Adimas Waloya Sejati, salah satu mahasiswa bertanya, apakah ada standarisasi untuk bisa magang di PDPM. Dr. Soedarso, M.Hum memaparkan bahwa standar untuk magang sesuai dengan syarat dari program studi masing-masing.

Hikmah Fasha F mengajukan pertanyaan terkait KKN. Apakah bila mengikuti KKN untuk program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh PDPM ITS bisa digunakan untuk mengajukan PKM. Dr. Soedarso menjelaskan bahwa KKN jenisnya banyak. Selama tahun 2022, KKN yang ada di PDPM adalah KKN Desa Emas mengenai penanganan stunting. Open recruitment mahasiswa yang berminat untuk mengikuti KKN dilakukan melalui DRPM. Untuk KKN dana abmas departemen harus menyertakan 5 mahasiswa.

Tanya jawab ditutup oleh pertanyaan dari Ratnadila Putri Dwi W, terkait syarat PKM yang lolos pimnas dan didanai seperti apa. Jawaban dari wakil kepala PDPM ITS adalah mahasiwa Biologi bisa berperan melakukan riset PKM di bidang Riset Eksakta, Pengabdian Masyarakat, maupun kewirausahaan berbasis riset dan kemanfaatan kekayaan keragaman hayati yang ada di Indonesia. Banyak sekali potensi keragaman hayati yang bisa digunakan untuk PKM, intinya harus memiliki temuan baru dan keunikan, kemanfaatan untuk masyarakat, serta memberikan solusi pemecahan bagi masalah yang ada. (sdrs/dw)

Latest News

  • PDPM ITS: KAJIAN STATISTIK UNTUK INDIKATOR KINERJA UTAMA PEMERINTAH DAERAH

    Senin, 31 Oktober 2022, Tenaga Ahli PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si., Dr. Setiawan, MS., Dr. Soedarso, M.Hum diundang oleh

    02 Nov 2022
  • Kerja Praktek di PDPM ITS, Mahasiswa dibekali Kemampuan Riset Pelatihan dan Pendampingan

    Jumat, 28 Oktober 2022, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PDPM ITS), Gedung Riset

    01 Nov 2022
  • Workshop Pengembangan Model Output Statistik di Surabaya

    Kamis, 27 Oktober 2022, PDPM ITS mengadakan mini workshop pemaparan dan diskusi hasil pengembangan Model Output Statistik di Surabaya.

    28 Okt 2022