News

Kunjungan Kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban di PDPM ITS

Rab, 21 Sep 2022
8:35 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Rabu, 20 September 2022, Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban berkunjung ke kantor PDPM ITS untuk membahas kerjasama terkait potensi ekonomi yang dapat dikembangkan di Kabupaten Tuban. Kedatangan tim dari Dinas Pariwisata disambut oleh Kepala Pusat Kajian PDPM ITS, Dr. Sutikno, M.Si. Rencananya, PDPM ITS akan melakukan pekerjaan bina lingkungan yang disponsori oleh PT. Pelindo (Persero) terkait sanitasi, gizi dan pariwisata. Sasaran wilayah untuk ketiga pekerjaan tersebut adalah Kabupaten Tuban.

Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Tuban, Siti Umi Hanik, mengatakan bahwa salah satu potensi pariwisata di Kabupaten Tuban adalah Pantai Panduri yang terletak di Kecamatan Desa Tasikharjo. Perlu ada pengelolaan Pantai Panduri karena potensinya besar. Harapannya, muncul gazebo, penataan parkir yang lebih baik serta ada wisata lokal seperti persewaan perahu.

Nantinya  proposal terkait potensi Pantai Panduri akan disusun oleh PDPM ITS dan didiskusikan dengan tim Pelindo. Kerjasama lainnya yang dibahas oleh dinas pariwisata adalah penyusunan ringkasan eksekutif tentang potensi sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi tingkat kecamatan di Kabupaten Tuban. Harapannya setelah ITS melakukan analisis akan muncul rekomendasi untuk pengembangan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Tuban.

Dr. Sutikno, M.Si memaparkan bahwa jasa pariwisata secara khusus masuk di jasa lainnya, disamping itu nilai tambahnya tersebar hampir merata di setiap lapangan usaha terutama katagori Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, Transportasi dan Pergudangan,Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, serta Informasi dan Komunikasi. Untuk analisis khusus sektor pariwisata di masing-masing kecamatan, dibutuhkan data tambahan, yaitu jumlah wisatawan, tujuan destinasi wisata dan data penunjang lainnya.

Kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintrah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan SDG’s yaitu tujuan nomer (11) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (dw)

Latest News

  • Kunjungan Kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban di PDPM ITS

    Rabu, 20 September 2022, Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban berkunjung ke kantor PDPM ITS untuk membahas kerjasama terkait potensi ekonomi

    21 Sep 2022
  • Potensi Ekonomi Kecamatan di Kabupaten Tuban Didominasi Lapangan Usaha Pertanian dan Industri Pengolahan

    Rabu, 31 Agustus 2022, PDPM ITS memaparkan kajian terkait Penyusunan Dokumen Evaluasi Produk Domestik Regional Bruto Kecamatan di Kabupaten

    05 Sep 2022
  • Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tuban Tahun 2021 Membaik

    Kamis, 18 Agustus 2022, PDPM ITS memaparkan presentasi laporan akhir Penyusunan Dokumen Evaluasi Indeks Gini Ratio Kabupaten Tuban tahun

    19 Agu 2022