News

Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tuban Tahun 2021 Membaik

Jum, 19 Agu 2022
9:45 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Kamis, 18 Agustus 2022, PDPM ITS memaparkan presentasi laporan akhir Penyusunan Dokumen Evaluasi Indeks Gini Ratio Kabupaten Tuban tahun 2021 dan laporan antara Penyusunan Dokumen Evaluasi Produk Domestik Regional Bruto Tingkat Kecamatan Kabupaten Tuban tahun 2021. Presentasi dilakukan di ruang anom lantai 2 Bappeda Tuban. Perwakilan PDPM ITS adalah Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala pusat kajian PDPM ITS, Dr. Soedarso, M.Hum sebagai wakil kepala pusat kajian PDPM ITS, Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic. Rer. Reg sebagai tenaga ahli sekaligus tim penyusun.

(Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic. Rer. Reg. Memaparkan Hasil Analisis Gini Ratio Kabupaten Tuban)

Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic. Rer. Reg. menyampaikan bahwa Pentingnya mengintegrasikan Gini ratio dan IPM, bagaimana perkembangan dari waktu ke waktu. Perbedaan tingkat pendapatan juga bisa dilihat dari NTP (Nilai Tukar Petani) yang rendah atau TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka) nya. Gini ratio rendah tidak selalu berarti baik, bisa jadi artinya semuanya miskin. Contoh, kabupaten Lamongan, gini ratio rendah, kemiskinan juga lebih rendah dari tuban, artinya bagus, karena banyak orang lamongan yang berusaha di luar daerah. Kabupaten tuban bisa belajar dari Lamongan.

Dr. Sutikno, M.Si memaparkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tuban tahun 2021 sudah membaik. Hal ini dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi yang mencapai 3 persen, naik 8 persen dibanding tahun 2020, yang sebesar minus 5,85 persen. Survei PDRB tingkat kecamatan sudah selesai dilakukan dan saat ini masih dalam proses penghitungan oleh BPS.

Perwakilan BPS Kabupaten Tuban, Respati Yekti Wibowo, S.Si menambahkan bahwa Proses penyusunan PDRB kecamatan selain melakukan survei, Respati dan kepala BPS Kabupaten Tuban, Eko Mardiana S.E juga sudah menghubungi kecamatan di Kabupaten Tuban untuk mencari fenomena yang berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di masing-masing kecamatan.

(Diskusi Pasca Pemaparan Hasil)

Rencana kegiatan selanjutnya adalah presentasi laporan akhir Penyusunan Dokumen Evaluasi Produk Domestik Regional Bruto Tingkat Kecamatan Kabupaten Tuban tahun 2021 yang akan diselenggarakan minggu keempat bulan Agustus tahun 2022. Kegiatan Penyusunan Gini Ratio dan PDRB Kabupaten Tuban ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian PDPM yaitu manajemen tata kelola pemerintrah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan SDG’s yaitu tujuan nomer (1) Tanpa Kemiskinan (11) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (dw)

Latest News

  • Kunjungan Kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban di PDPM ITS

    Rabu, 20 September 2022, Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban berkunjung ke kantor PDPM ITS untuk membahas kerjasama terkait potensi ekonomi

    21 Sep 2022
  • Potensi Ekonomi Kecamatan di Kabupaten Tuban Didominasi Lapangan Usaha Pertanian dan Industri Pengolahan

    Rabu, 31 Agustus 2022, PDPM ITS memaparkan kajian terkait Penyusunan Dokumen Evaluasi Produk Domestik Regional Bruto Kecamatan di Kabupaten

    05 Sep 2022
  • Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tuban Tahun 2021 Membaik

    Kamis, 18 Agustus 2022, PDPM ITS memaparkan presentasi laporan akhir Penyusunan Dokumen Evaluasi Indeks Gini Ratio Kabupaten Tuban tahun

    19 Agu 2022