News

Pembekalan Tim untuk Kegiatan On-Farm Monitoring Agricultural Labor Practice terhadap Petani

Rab, 10 Agu 2022
10:23 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

PDPM-ITS kembali dipercaya oleh PT. Sadhana dan PT. Sadhana Arifnusa untuk melaksanakan on farm monitoring Agricultural Labor Practice (ALP) di tahun 2022. Sebelumnya PDPM telah membantu dalam kegiatan ALP di tahun 2021, dengan target petani tembakau di area Rembang, Wonogiri, Blora, Jombang dan Jember.

Pembukaan dan Sambutan dari Bapak Wisnu (PT. Sadhana)

Sebagai pembekalan pada kegiatan ALP tahun ini, dilaksanakan briefing langsung oleh PT. Sadhana yang diwakili oleh Wisnu, Ella, Saras, dan Hasbi pada hari senin 10 Agustus 2022 di ruang sidang Gedung Riset Center lantai 5. Kegiatan briefing diawali pembukaan oleh kepala PDPM, Dr. Sutikno, M.Si, didampingi asisten ahli Yoga Prastya Irfandi M.Stat, dan Era Ardhya Pramesti S.Si. Peserta briefing terdiri atas 5 supervisor, 18 surveyor, dan 9 validator yang akan bertindak sebagai pengumpul data di area terpilih hingga proses validasi dan entri data. Kegiatan berlangsung dengan antusias yang tinggi dari semua pihak, hingga menghasilkan diskusi yang aktif dan membangun sistem yang lebih efisien.

Surveyor, Validator, dan Entrior sedang memahami kuesioner saat briefing

Sadhana mengawali kegiatan dengan menjelaskan tahapan penanaman tembakau dari penyemaian bibit hingga pengolahan hasil panen. Tahapan-tahapan tersebut perlu dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini guna menjamin hasil penelitian valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Selanjutnya PT.Sadhana menjelaskan konsep dasar dan indiktor dasar ALP yang terdiri atas: 1) Pekerja Anak; 2) Lingkungan Kerja Aman; 3) Upah dan Jam Kerja; 4) Perlakuan Adil; 5) Perbudakan Modern; 6) Kebebasan Berserikat; 7) Kepatuhan Terhadap Hukum. Indikator tersebut menjadi alat ukur tingkat kabaikan kegiatan ALP yang dijalankan oleh petani.

Evaluasi ALP membutuhkan independesi penilaian yang akan diberikan guna menjamin kesesuaian data yang diperoleh terhadap kondisi nyata kegiatan pertanian, sehingga PT Sadhana mempercayakan kepada PDPM-ITS yang telah berpengalaman dan memiliki kredibilitas yang tinggi dalam proses survei hingga evaluasi. Kegiatan on farm monitoring Agricultural Labor Practice (ALP) sesuai dengan target SDGs no. 5 Kesetaraan Gender dan no.17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan. (yp)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.