News

Abmas KKN Lumajang Membantu Peningkatan Usaha UMKM

Sen, 25 Jul 2022
9:32 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminpdpm   |

Lumajang-ITS. Jumat, 22 Juli 2022 tim pengabdian masyarakat (abmas) bersama mahasiswa KKN ITS melaksanakan kegiatan Pengembangan Desain Kemasan Dan Marketing Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Untuk Peningkatan Penjualan Dan Pendapatan Usaha Di Kabupaten Lumajang. Sasaran kegiatan ini adalah keluarga penerima program keluarga harapan (PKH) yang mempunyai usaha.

Tim abmas dan mahasiswa KKN melaksanakan audiensi dengan Dinas Sosial Lumajang. Tim Abmas dan mahasiswa KKN diterima oleh Bu Nira Fitria Aviana, S.Sos Kabid Penanganan dan Pemberdayaan Sosial Dinsos Lumajang dan Pak Darno Plt. Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Lumajang. Ketua Abmas KKN Lumajang Dr. Soedarso, M.Hum menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk silaturahim dan keberlanjutan ITS dalam kegiatan di Lumajang. ITS akan mendampingi 4 umkm untuk perbaikan kemasan dan pemasaran dalam rangka peningkatan penjualan dan pendapatan usaha umkm. 4 umkm ini adalah sebagian dari sasaran program kewirausahaan sosial (ProKUS) tahun 2021 Kementerian Sosial di Lumajang.

Tim Abmas dan Mahasiswa KKN bersama Pak Darno dan Bu Nira Fitri Aviana Dinas Sosial Lumajang.

 

Bu Nur Laili, umkm mitra abmas yang memproduksi minuman jamu jawa menyampaikan sangat senang dengan adanya ProKUS tahun 2021 dan juga pendampingan Abmas dari ITS ini. Bu Nur Laili menjual minuman jamu jawa dengan varian beras kencur, kunyit asam, jamu sirih. Sebelumnya, usahanya jualan jamu keliling dengan botol kaca. Melalui pendampingan ini, Bu Nur Laili menjual minuman jamu dengan kemasan botol plastik dan diberi label/merk Bunda Fadil. Saat ini Bu Nur Laili hanya menerima order/pesanan dengan memanfaatkan media sosial WhatsApp. Dalam satu minggu pasti ada yang beli atau order. Hasil penjualannya lebih besar dari pada kalau jualan keliling.

Mahasiswa KKN Abmas Lumajang wawancara dan diskusi dengan Bu Nur Laili, umkm produksi minuman jamu jawa.

 

Tim Abmas KKN akan mendampingi Bu Nur Laili dan umkm lainnya dalam memperbaiki kemasan produk dan pemasarannya. Pemasaran offline maupun online dengan memanfaatkan media sosial dan komunitas yang ada. Diantaranya melalui media sosial instafram dan kamunitas kuliner Lumajang. (Sgh).

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.