News

Kerjasama PDPM ITS dengan Kota Mojokerto untuk Pengukuran IKS Tahun 2022

Rab, 20 Jul 2022
1:47 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Jumat, 15 Juli 2022, PDPM ITS memaparkan Laporan Pendahuluan Pekerjaan Penyusunan Indeks Kesalehan Sosial (IKS) Kota Mojokerto di Ruang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. Kegiatan paparan dihadiri oleh Tim ITS: Dr. Sutikno, Drs. Zainul Muhibbin, M.Fil.I., Novianti Ika Sari, M.Si., Nurun Nahdliyah, M.Stat, dan Prianti Tuhu, S.Si. Hadir dari Dinas Komunikasi dan Informatika yaitu Bapak Wiyono, SH. Kepala Bidang Persandian dan Data Statistik dan Siti Noor’aini, SH., MM Kasi Pengelolaan Data dan Statistik Diskominfo. Serta Yuwono dari Bakesbangpol, dan Bambang dari Kemenag. Kegiatan penyusunan IKS tahun 2022 merupakan tahun ketiga PDPM ITS dalam membantu Kota Mojokerto.

Drs. Zainul Muhibbin, M.Fil.I. (Tenaga Ahli Bidang Agama); Dr. Sutikno (Ketua Tim); Wiyono, SH. (Kepala Bidang Persandian dan Data Statistik), Siti Noor’aini, SH., MM (Kasi Pengelolaan Data dan Statistik Diskominfo)

Kiri – Kanan

Paparan disampaikan oleh Dr. Sutikno, M.Si. selaku ketua tim dalam kajian ini. Pemaparan laporan Pendahuluan berisikan rencana kegiatan yang meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan survei, analisis hasil survei dan penghitungan nilai IKS sampai presentasi hasil IKS kepada pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. Indeks Kesalehan Sosial (IKS) merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemerintah Kota yang diukur setiap tahun, sebagai ukuran keberhasilan pembangunan bidang sosial. Nilai IKS Kota Mojokerto tahun 2019 sampai tahun 2021 berturut-turut 76,16; 76,20; dan meningkat signifikan 91,90. Salah satu tujuan dari pengukuran nilai IKS adalah mengevaluasi program pemerintah Kota Mojokerto yang berkaitan dengan upaya untuk mewujudkan Kesalehan Sosial bagi masyarakat. Serta menyusun rekomendasi untuk peningkatan pembangunan di bidang sosial  yang relevan dengan kesalehan sosial.

Suasana Saat Pemaparan Laporan Pendahuluan

Disampaikan dari Bakesbangpol, Kota Mojokerto memiliki stabilitas dan toleransi yang terjaga. Di bakesbangpol juga ada program cangkrukan lintas sektor sebagai wadah silaturahim serta koordinasi dari lintas sektor. Program kemenag untuk meningkatkan kerukunan beragama diantaranya adalah adanya moderasi beragama (moderasi pola pelaksanaan beragama), program desa kerukunan, berjalannya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), adanya program Gema (generasi Lintas Agama). OPD Kota Mojokerto siap mendukung dan berkontribusi untuk pelaksanaan kegiatan Penyusunan IKS Kota Mojokerto Tahun 2022. (nv)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.