News

PDPM ITS : Penting Sinergitas antar OPD untuk Pengentasan Kemiskinan di Tuban

Sel, 24 Mei 2022
8:23 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Rabu, 18 Mei 2022 pukul 14.00, Bappeda Litbang Tuban menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Evaluasi Angka Kemiskinan Kabupaten Tuban tahun 2021, dengan mengundang PDPM ITS. Angka Kemiskinan merupakan indikator kinerja utama pemerintah daerah Kabupaten Tuban. FGD dipimpin oleh Yuliani, ST sebagai kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Litbang  Kabupaten Tuban dan dihadiri oleh 10 kepala OPD setempat serta kepala BPS Kabupaten Tuban, Eko Mardiana, SE. PDPM ITS diwakilkan oleh Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS, Dr. Soedarso, M.Hum sebagai wakil kepala PDPM ITS, Lissa Roesdiana Noer, S.T, M.MT sebagai tenaga ahli dan tim penyusun.

(Pemaparan oleh Dr. Sutikno, M.Si)

Kemiskinan menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Tuban. Persentase penduduk miskin di Kabupaten Tuban mengalami peningkatan dari 15,91 persen pada bulan Maret 2020 menjadi sebesar 16,31 persen pada bulan Maret 2021. Kabupaten Tuban menduduki peringkat ke 5 (lima) pada kategori tingkat kemiskinan tertinggi di Provinsi Jawa Timur dan belum mampu mencapai target RPJMD sebesar 12,50 persen.

Kemiskinan berkaitan erat dengan berbagai dimensi, yakni pendidikan, kesehatan, sosial dan sumber penghidupan. Beberapa indikator kemiskinan memiliki kinerja sesuai dengan target dan lebih baik dari target, namun beberapa belum memenuhi target. Program-program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban belum dapat dikatakan mampu mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Tuban.

Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS sekaligus tim penyusun menyampaikan bahwa strategi utama pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban, yaitu: memperbaiki program perlindungan sosial, peningkatan akses pelayanan dasar, pemberdayaan kelompok masyarakat miskin; dan pembangunan yang inklusif. Untuk menerapkan strategi yang diusulkan oleh tim ITS, Bappeda Litbang Tuban akan bermitra dengan ITS dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul Penguatan Kapasitas Perangkat Daerah dalam Menentukan Strategi Pencapaian Indikator Kinerja Utama daerah Kabupaten Tuban. (dw)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.