News

Diskusi Pagi Bersama Pakar Bencana ITS

Jum, 20 Mei 2022
4:18 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

20 Mei 2022, Pakar Bencana ITS Dr. Ir. Amien Widodo, M.Si. berdiskusi dengan Kepala PDPM Dr. Sutikno, M.Si., Wakil PDPM Dr. Soedarso, serta Staf PDPM. Diskusi pagi ini bermula dari ide Dr. Ir. Amien Widodo, M.Si. mengenai banyaknya pembangunan industri/ perusahaan di Indonesia yang selalu tidak menyiapkan masyarakat lokal. PDPM ITS diminta membantu dalam menyiapkan masyarakat untuk bisa kerja/ berkontribusi di setiap rencana pembangunan. Sebagai contoh, pada saat akan berdiri perusahaan-perusahaan atau industri besar, harapannya masyarakat tidak hanya sebagai penonton, tetapi juga berperan aktif dan memperoleh kemanfaatan dari perusahaan tersebut. Mengingat selama ini masyarakat lokal hanya sebagai penonton saja. Paling kerja sebagai tukang sapu atau satpam.

Dalam hal ini, PDPM sudah berpengalaman dalam kegiatan penyiapan masyarakat melalui pemetaan sosial wilayah. Dengan kegiatan tersebut mengeksplorasi kondisi sosial demografi, sumber penghidupan, kondisi sosial budaya. Informasi tersebut digunakan pengelolaan SDA dan SDM selanjutnya.

Dr. Ir. Amien Widodo, M.Si

Ke depan rencana tindak lanjut dari diskusi ini adalah pembuatan proposal dengan salah satu luaran berupa rekomendasi kebijakan pembangunan inklusif. Pembangunan inklusif dengan menciptakan akses dan kesempatan yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat secara berkeadilan, meningkatkan kesejahteraan, serta mengurangi kesenjangan antar kelompok dan wilayah.

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.