News

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri dan PDPM ITS Tinjau TPS3R Desa Badas dan TPA Sampah Sekoto

Sen, 14 Mar 2022
8:16 am
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Pada tanggal 08 Maret 2022, PDPM ITS dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri berkunjung TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle) Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri diwakili oleh Rini Nurhayati, Dari PDPM ITS hadir Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS, Arseto Yekti Bagastyo, ST, MT, M.Phil, PhD. sebagai tenaga ahli, beserta tim yag terdiri atas Hilmy Muhammad Dzaki, S.Pwk, Riang Ursada, ST. dan Nabila Putri Rachmadani, ST.  selaku asisten peneliti.

Bapak Kasiran selaku Pengelola TPS3R Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, menyampaikan sampah yang masuk di TPS3R Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri setiap hari ada 3 Tosa dan 3 Gledekan sampah terdiri dari kotoran kambing, kotoran sapi, sampah rumah tangga, sayur-mayur yang bersumber dari masyarakat dan pasar. Sampah yang masuk di TPS3R Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri kemudian dipilah oleh anggota Pak Kasiran sebelum dibuang ke TPA. Ada beberapa sampah yang dipilah dan yang bisa dijual seperti: Kardus, Botol Plastik, Kaleng, Kantong Plastik, Kertas, dari hasil pemilahan dijual 2 minggu sekali ke tengkulak dan sampah yang tidak bisa dijual akan dimasukkan ke kontainer sampah dan kontainer diambil oleh petugas sampah dalam 2 minggu sekali. Dalam pemilahan sampah di TPS3R Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri ada 3 kloter mulai setelah subuh, Jam 06.00 dan jam 14.00 setalah itu sampah yang datang akan disemprot obat pengilang lalat.

Arseto Yekti Bagastyo, ST, MT, M.Phil, PhD mengatakan untuk melakukan kajian dan evaluasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sekoto yang lama butuh reconturing. Rencananya bulan ini ada survey untuk TPA Sampah Sekoto, TPS3R dan TPS biasa, survey dilakukan 2 kali dan secara paralel. (Sc)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.