News

Kunjungan Kerjasama BPKAD Kabupaten Kapuas ke Kantor PDPM DRPM ITS

Sen, 17 Jan 2022
11:27 am
Share :
Oleh : dotalfianprast   |

Pada hari jumat, tanggal 14 januari 2022, PDPM ITS mendapatkan kunjungan dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Perwakilah BPKAD Kabupaten Kapuas adalah Kepala BPKAD Kabupaten Kapuas Drs. Yan Handri Ale, MT., Kepala Bidang Anggaran BPKAD Purwanto, S.IP,. MA., Rahmadiansyah, S. Sos, MA., Eko Tejono, S.ST, MA., Farid Rachmad, SE., M. Ak. dan Aris Ramadana, S.A.P., ,MA. Kunjungan tersebut disambut baik oleh Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS,  Dr. Soedarso, M.Hum selaku perwakilan kepala PDPM ITS dan Cahyono Bintang Nurcahyo, ST, MT selaku tenaga ahli PDPM ITS. Tujuan kunjungan ini adalah untuk membahas  pekerjaan Survei Satuan Harga (SSH), Analisa Standar Belanja (ASB) dan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Kabupaten Kapuas Tahun 2022.

Kepala BPKAD Kabupaten Kapuas, Drs. Yan Handri Ale, MT.,  mengungkapkan bahwa survei satuan harga tahun 2022 diharapkan dapat menjadi acuan penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023. Sebelum ini, penyusunan SSH dilakukan oleh BPKAD sendiri. Inputan SSH juga dapat dijadikan dasar untuk penghitungan ASB sekaligus HSPK.

Dr. Sutikno M.Si berpendapat bahwa sebaiknya untuk survei juga kembali dilakukan oleh BPKAD Kabupaten Kapuas, karena membutuhkan biaya yang cukup besar bila dikerjakan oleh PDPM ITS terutama dalam hal akomodasi. Nantinya, PDPM ITS akan membantu dalam hal teknisnya seperti briefing surveyor sekaligus mengolah data hasil survei.

Pekerjaan SSH, ASB dan HSPK membutuhkan koordinasi dengan OPD terkait karena akan ada perbedaan kebutuhan material dan alat berat antara Kota Surabaya dan Kabupaten Kapuas. Demikian juga dengan harga dasar pasang surut dan harga dasar non pasang surut. Harga dasar non pasang surut di Kabupaten Kapuas lebih mahal dari harga dasar pasang surut, karena terkait dengan lokasi yang jauh dari Kota Banjarmasin. Rencananya pekerjaan SSH 2022 akan dilakukan pada bulan Februari sampai Mei 2022.

Latest News

  • KKN Desa Emas Mahasiswa ITS Membangun Sarana Air Bersih

    Mahasiswa KKN Desa Emas bersama Dosen Pendamping dan Perwakilan Dinas PPKB dan PPPA Pacitan   Pacitan-ITS. Kuliah kerja nyata

    21 Nov 2022
  • PDPM ITS: KAJIAN STATISTIK UNTUK INDIKATOR KINERJA UTAMA PEMERINTAH DAERAH

    Senin, 31 Oktober 2022, Tenaga Ahli PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si., Dr. Setiawan, MS., Dr. Soedarso, M.Hum diundang oleh

    02 Nov 2022
  • Kerja Praktek di PDPM ITS, Mahasiswa dibekali Kemampuan Riset Pelatihan dan Pendampingan

    Jumat, 28 Oktober 2022, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PDPM ITS), Gedung Riset

    01 Nov 2022
Home >