Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan yang berada dalam naungan Fakultas Teknologi Sipil dan Perencanaan ( FTSP ) membuka program studi PascaSarjana S-2 Teknik Lingkungan mulai tahun ajaran 1999/2000 . Dari tahun ajaran 1999/2000 sampai dengan tahun ajaran 2004/2005, telah meluluskan 109 alumninya dari 359 mahasiswa yang ada.

Didukung oleh 44 staf pengajar dengan kualifikasi: 5 orang Profesor, 12 orang Doktor,serta 27 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah, 9 Laboratorium, Ruang Diskusi, Ruang Baca dengan lebih dari 2000 bahan pustaka, jurnal ilmiah internasional dan nasional, termasuk sambungan Internet serta fasilitas lain.

 

Tujuan

 

Pendidikan Program Magister Teknik Lingkungan bertujuan untuk mendidik para peserta mendalami keahlian dalam penanganan masalah lingkungan sebagai program lanjutan dari pendidikan sarjana Strata 1. Lulusannya diharapkan akan mempunyai kemampuan:

• Mengkaji secara ilmiah masalah lingkungan
• Memberikan alternatif pemecahan dengan pendekatan metoda keilmuan yang diperoleh
• Merancang suatu penelitian laboratorium maupun penelitian lapangan
• Menghasilkan pemikiran serta karya pengembangan kriteria perencanaan dalam bidang rekayasa teknologi lingkungan
• Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap alternatif penggunaan teknologi lingkungan yang ada di lapangan berdasarkan pertimbangan teknis maupun kebijakan yang berlaku

 

Bidang Minat

 

Program Studi Teknik Lingkungan memiliki 2 bidang minat yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, antara lain:

 

  • REKAYASA PENGENDALIAN LINGKUNGAN Keahlian RPL memiliki dua peminatan yang dipilih setelah peserta menempuh program kurikulum utama bersama, yaitu:• Peminatan Teknologi Lingkungan (TL)
    • Peminatan Pengelolaan Lingkungan (PL)
  • PENGELOLAAN PRASARANA LINGKUNGAN Keahlian PPL ditawarkan secara khusus melalui program kerjasama yang diselenggarakan dalam kelas khusus bagi para PNS Departemen, Pemkot, Pemkab dan Pemprov dalam rangka memenuhi kebutuhan peningkatan sumber daya manusia di lingkungan pemerintah daerah.

 

Kegiatan Akademik

 

Program Studi S-2 Teknik Lingkungan dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), dengan beban kredit total 40 sks, termasuk tesis sesuai dengan kurikulum . Kegiatan akademik mencakup: kegiatan mengikuti kuliah, membuat tugas mandiri di rumah, melakukan kegiatan di laboratorium, studi kepustakaan, berperan secara aktif dalam diskusi dan seminar, memperkaya ilmu dan melakukan penelitian serta berbagai kegiatan akademik yang dilaksanakan atas inisiatif sendiri dan mandiri, serta mengikuti proses evaluasi studi/ujian. Kalender akademik semester I dimulai awal September , sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi teknik lingkungan, hubungi :

 

Departemen Teknik Lingkungan
Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Kampus ITS, Sukolilo
Surabaya, Jawa Timur
INDONESIA
Tel: +62315948886
Fax: +62315928387
E-Mail: lingkungan[at]its.ac.id
2nd E-Mail: lingkungan.its[at]gmail.com
Website: www.its.ac.id/tlingkungan