ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
19 Oktober 2018, 15:10

Spektronics ITS Siap Raih Juara Lagi di AIChE 2018

Oleh : itsmis | | Source : -

Rektor ITS saat menyaksikan ujicoba mobil prototipe Spektronics 15

Kampus ITS, ITS News – Mobil prototype berbahan bakar reaksi kimia besutan Tim Spektronics Chem-E-Car milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, siap kembali berlaga dalam kompetisi internasional American Institute of Chemical Engineers (AIChE) Chem-E-Car Competition 2018 di Pittsburg, Amerika Serikat (AS). Mobil generasi ke-15 yang akan berlaga pada 26-28 Oktober 2018 secara resmi diluncurkan di Gedung Pusat Riset ITS, Kamis (18/10).

Dalam sambutan peresmiannya, Rektor ITS Prof Dr Ir Joni Hermana MSc ES PhD menyampaikan, tahun 2018 menjadi tahun yang luar biasa bagi ITS yang ditandai sebelumnya tiga tim terbaiknya berhasil menjadi juara dunia yakni Barunastra, Ichiro dan Sapuangin. Kali ini, dengan keberangkatan kali kedua tim Spektronics ke AS makin mampu menumbuhkan kepercayaan bahwa ITS bisa bersaing di dunia. “Kemenangan tersebut tentunya terinspirasi dari perjuangan Spektronics pada tahun-tahun sebelumnya yang selalu mampu menjadi juara,” ujarnya.

Kepercayaan penuh juga ditanamkan Joni untuk mengantar perjuangan Spektronics kali ini. Pasalnya, berbagai rintangan yang dihadapi untuk mengikuti kompetisi di tahun 2017 lalu mampu memberikan hasil yang positif. Menurut Joni, Spektronics ini layaknya Napoleon Bonaparte yang baru menjajal medan pertempuran dan terkenal dengan slogan Vini Vidi Vici, yakni kami datang, melihat dan menang. “Saudara (tim Spektronics, red) mampu membalik sesuatu yang tidak.mungkin menjadi mungkin,” tandasnya menyemangati tim yang desain mobilnya terinspirasi dari Formula 1 tersebut.

Joni juga berpesan agar perlombaan ini dijadikan sebagai tantangan untuk terus membuktikan bahwa ITS dapat berprestasi di kancah internasional. Jangan jadikan kompetisi sebagai beban, sebab hasil yang didapat tidak akan maksimal. Ia pun meyakini dengan berbekal usaha, kerja keras dan doa, kemenangan itu akan hadir di depan mata. “Tidak perlu dijadikan beban, ITS tidak menuntut kalian menjadi juara, cukup targetkan untuk bertahan di posisi sebelumnya (Juara 1, red),” canda pria berdarah Sunda itu diiringi tepuk tangan para undangan.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana saat memberikan sambutan dan memotivasi Tim Spektronics Chem -E-Car ITS yang akan berlaga di kompetisi Chem- E-Car terbesar di dunia

Team leader Spektronics yang akan bertanding di AS, Miftahul Hadi menyampaikan, mobil yang diusung ITS untuk kompetisi ini merupakan jenis mobil elektrokimia yang menggunakan metal-air battery sebagai power source dan reaksi stopping untuk menghentikan mobil dalam jarak tertentu. Menggunakan tipe aluminium air battery, baterai ini jauh lebih ekonomis karena menggunakan udara sebagai reaktannya.

“Kami secara konsisten melakukan riset untuk bahan bakar baru yang lebih ramah lingkungan. Diawali dengan Thermoelectric generator (TEG), fuel cell, baterai yang dibagi menjadi aluminium air, zinc air serta dari air lemon hingga pressure yang berasal dari reaksi hydrogen peroxide,” jelasnya.

Lebih lanjut, reaksi stopping yang dilakukan menggunakan iodine clock. Hasil reaksi tersebut menimbulkan perubahan warna mendadak yang akan ditangkap oleh sensor. Sensor tersebut akan mengirimkan sinyal terhadap rangkaian elektrik dan mobil akan berhenti. “Kombinasi aluminium – air battery dan iodine clock adalah kombinasi yang tepat karena power yang dihasilkan tinggi dan reaksi stopping yang sangat stabil, sehingga mampu menghasilkan mobil dengan akurasi yang tinggi,” tambah mahasiswa Teknik Kimia itu.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana saat meninjau kesiapan mobil prototipe Spektronics 15

Tim Spektronics ITS yang akan berangkat bertanding ke AS ini terdiri dari Miftahul Hadi, Widi Citra Lestari, Ronal Marada Pakpahan, Mokhammad Rifqi Furtiansyah, Auzan Widhatama, dan Afif Al Arif. Pada kompetisi tahunan tersebut, peserta dituntut untuk menjalankan mobil dengan beban tertentu dan harus berhenti dalam jarak yang telah ditentukan.

Selain itu, mereka juga harus menghadapi peserta yang berasal dari berbagai negara di seluruh belahan dunia. Tak kurang dari 40 peserta yang telah lolos inspeksi dokumen dan safety training, ditambah peserta dari Amerika Serrikat yang menjadi pemenang dari kompetisi Chem-E Car regional. “Kami berharap bisa mengusung kembali kejayaan di AIChE tahun lalu agar dapat mengharumkan nama ITS dan bangsa Indonesia di kancah dunia,” pungkasnya. (hen/HUMAS ITS)

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana berfoto bersama dengan Tim Spektronics Chem -E-Car ITS

Berita Terkait