ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
19 Juli 2018, 16:07

Mahasiswa ITS Kembangkan 30 Software Untuk Masyarakat

Oleh : itsmis | | Source : -

Tutorial Software Program Rekam Medis.

Kampus ITS, ITS News – Software merupakan elemen yang tumbuh berdampingan dengan perkembangan teknologi. Keberadaan software sangat penting, sebab sekumpulan data elektronik ini mampu menyederhanakan berbagai pekerjaan yang rumit. Sadar akan urgensi tersebut, Mahasiswa Departemen Teknik Instrumentasi (DTIn) ITS kian gencar membuat berbagai macam software guna membantu pekerjaan di kalangan civitas academica ITS maupun masyarakat sekitar. Minggu (15/7).

Dalam waktu setidaknya dua bulan, tak kurang dari 30 software mampu dirampungkan para mahasiswa mata kuliah pemrograman komputer (prokom) di DTIn ini. Diantaranya adalah Program Rekam Medis Pasien yang disumbangkan ke Puskesmas Klampis Ngasem.

Salah satu mahasiswa kreator software ini, Devi Rahmalina, mengungkapkan hasil survey yang menunjukan bahwa kebanyakan puskesmas masih melakukan rekap data pasien secara manual menggunakan buku catatan. Karenanya, ia bersama dua rekannya, Arfian Arya Risaldi dan Jamal Fikri Tanaya, menggarap software ini untuk mempermudah pencatatan data pasien.

“Software ini dapat menyimpan data dengan jumlah yang banyak dan dapat melakukan pencarian dengan cepat dan tepat,” jelas Devi. Hal tersebut, tambahnya, lantaran kata kunci yang dimasukkan tidak hanya terfokus pada satu jenis data namun pada semua data.

Adapun puluhan software lainnya disalurkan ke berbagai sekolah, laboratorium, panti asuhan, UPT Fasor ITS, dan lain sebagainya. Selain tugas akhir, kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk pengabdian dari mahasiswa DTIn terhadap masyarakat setempat.

“Kami berharap para mahasiswa mampu mengimplementasikan keilmuan yang mereka dapatkan di kelas kedalam bentuk kongkrit yang dapat berguna bagi masyarakat,” ujar salah satu dosen pengampu, Sefi Novendra Patrialova Ssi MT.

Selain Sefi, terdapat tiga dosen lainnya yang turut mengampu matkul prokom, ialah Ahmad Fauzan Aadziima ST MSc, Dwi Oktavianto Wahyu N ST MT, dan Murry Raditya ST MT. Keempat dosen tersebut sepakat untuk terus memberi dukungan penuh terhadap mahasiswanya agar terus berkembang.

“Ke depannya, kami akan terus merumuskan kegiatan maupun tugas yang dapat mengasah inovasi mahasiswa sekaligus rasa kepeduliannya terhadap masyarakat,” pungkasnya. (mir/qi)

Berita Terkait